CeritaMilenial

Wow, Ratusan Anak Muda Majalengka Mainkan Musik Genteng Untuk Sambut Ganjar

Wow, Ratusan Anak Muda Majalengka Mainkan Musik Genteng Untuk Sambut Ganjar

MAJALENGKA – Luar biasa, kaum milenial dan generasi Z Majalengka, Jawa Barat saat menyambut kedatangan Ganjar Pranowo di daerahnya. Mereka menampilkan instrumen musik dari genteng atau keramik secara massal di halaman Hotel Fieris Kecamatan Kertajati, Majalengka, Sabtu (23/12/2023).

Suara ketukan ratusan genteng yang dipukul menggunakan stick drum mengiringi langkah Ganjar menuju panggung utama. Kemeriahan bertambah ketika politikus berambut putih itu juga memainkan musik genteng mengikuti irama.

Musik genteng yang diinisiasi seniman muda Majalengka yang tergabung dalam Jatiwangi Art Factory sebenarnya sudah mendunia dengan gelaran Festival Musik Keramik yang diadakan tiap tiga tahun sekali. Keistimewaan musik yang diangkat dari potensi lokal produk genteng desa Jatiwangi, Majalengka itu dipersembahkan khusus untuk Ganjar, kali ini.

Herlin Nabila, salah seorang anggota Jatiwangi Art Factory mengatakan bahwa biasanya musik ini ditampilkan tiga tahun sekali dalam festival. Namun, kali ini disuguhkan kepada Ganjar secara spesial. Selain dari anggota, pertunjukan kali ini diikuti ratusan orang dan tampil spontan.

“Iya, ini spesial buat Pak Ganjar yang sudah datang ke Majalengka. Tadi ada sekitar 200an genteng yang dimainkan,” katanya.

Sebenarnya bukan hanya genteng dipukul, irama yang diciptakan juga menggunakan alat musik seperti bass, gendang dan gitar. Namun, alat-alat itu sudah dimodifikasi memakai bahan baku tanah seperti halnya genteng.

“Rasanya senang sekali dan menjadi kebanggaan bagi kami bisa tampil untuk Pak Ganjar juga ikut bermain. Ya, tadi ada lagu ‘Doa Tanah’,” tuturnya.

Ia berharap, mantan Gubernur Jawa Tengah itu nantinya terus memberikan dukungan kepada seniman-seniman yang ada di Indonesia.

“Harapannya terus suport kepada seniman agar seniman bisa eksis berkarya dan bisa diapresiasi dan mendunia,” harapnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo merasa bahagia karena sambutan yang luar biasa itu.

“Ini mungkin sambutan yang paling meriah bagi saya. Anak-anak muda dengan karya yang unik dan hanya satu-satunya ada di sini,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan seniman dengan segala karyanya patut mendapat apresiasi dan dukungan dari pemerintah.

“Pemerintah harus hadir memberikan dukungan bagi seniman terutama anak-anak muda untuk terus berkarya secara positif,” tandasnya.

Usai acara, Ganjar menyerahkan sebuah genteng yang dimainkan kepada seorang warga sebagai simbol keberlanjutan program pembangunan.


Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 2 =