GamaMilenial

World for Ganjar Mahfud: Diaspora Sejagat Bersatu Lewat Warung Demokrasi

KAIRO — Tantangan untuk menggalang suara di berbagai belahan dunia pun dijawab oleh para diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia dalam konsolidasi World for Ganjar Mahfud.

Bekerja sama sejak Mei 2023 yang lalu, kini mereka kompak menyelenggarakan Warung D3mokrasi sebagai platform untuk kumpul-kumpul, berdiskusi, selain tentunya makan bersama.

Kegiatan itu merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Warung Mas Ganjar yang akan diselenggarakan sepanjang bulan Desember 2023 serentak bersama pendukung Ganjar – Mahfud di seluruh dunia.

Warung D3mokasi Terinspirasi Ganjar Pranowo 

Lia Sundah Suntoso dan Kevin Herjono, Ketua dan Wakil Ketua TPLN Amerika Serikat dan inisiator World for Ganjar – Mahfud menjelaskan bahwa koordinasi mengenai kegiatan Lima Benua melalui wadah World for Ganjar telah terselenggara sejak bulan Mei 2023.

“Selain deklarasi dan diskusi, pasca kampanye serentak di 12 kota di Amerika Serikat pada bulan Mei lalu, per bulan Oktober, kami menginisiasi warung Mas Ganjar yg kemudian setelah Putusan MK no. 90, kami ganti menjadi Warung Demokrasi, dengan huruf e kami ganti menjadi angka 3,” jelas Kevin.

Ia menjelaskan bahwa format yang dipilih adalah warung karena terinspirasi dari kebiasaan Ganjar.

“Setelah jalan pagi, Mas Ganjar biasa makan pagi di warung. Warung adalah juga bentuk perwujudan kebudayaan Indonesia dari Aceh sampai Papua ada warung,” lanjut Kevin yang juga pernah ikut serta pada jalan pagi tersebut.

“Penerapannya dengan kampanye saat ini, dengan tagline Bersih, Sehat, Sederhana, Merakyat, Ganjar Mahfud itu adalah representasi pemerintahan ke depan yang bersih, yang dipimpin oleh orang-orang yang memang demikian, bukan merakyat untuk gimmick saja, dan kami mengundang bagi yang ingin berpartisipasi untuk kontak di [email protected] atau WA ke +1-347-652-5988,” ujarnya.

Diaspora Indonesia di Mesir yang mayoritas merupakan mahasiswa di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir memberikan dukungan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia 2024.

Kairo, Mesir

Dukungan tersebut disampaikan dalam kegiatan diskusi politik dan peresmian Warung D3mokrasi yang digelar di jantung Ibu Kota Mesir, Kairo, 15 Desember 2023.

Syadzila Rizqy Al-Anhar, Mahasiswa Indonesia di Mesir yang menjadi inisiator kegiatan tersebut menyampaikan bahwa di antara semua Capres dan Cawapres, rekam jejak dan gagasan Ganjar Pranowo-Mahfud MD unggul dan lengkap.

“Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini paket lengkap, pernah di legislatif, eksekutif, dan bahkan Pak Mahfud pernah di Yudikatif. Sebab itu, kami mahasiswa Indonesia di Timur Tengah dan Afrika, atau di Mesir secara khusus tidak ragu untuk menentukan pilihan pada Pak Ganjar dan Pak Mahfud. Kinerjanya untuk rakyat sudah nyata wujudnya, bukan obral janji apalagi gimmick”, kata Syadzila yang juga mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo.

Selain itu, Syadzila juga menyebut bahwa Ganjar Pranowo adalah penerus Presiden Jokowi 2024.

“Pak Jokowi dan Pak Ganjar itu mirip. Keduanya lahir dari keluarga sederhana dan berproses serta ditempa dari bawah.

Kami yakin, penerus Jokowi itu ya Pak Ganjar, bukan yang lain. Pak Ganjar sangat paham dengan persoalan rakyat karena memang senang blusukan, dan bahkan blusukan plus hingga menginap di rumah warga”, jelas Syadzila.

“Teman-teman di Indonesia mungkin bisa menilai sendiri dari debat perdana kemarin. Semuanya memang bisa berbicara dan beretorika, tetapi yang penyampaiannya berangkat dari rekam jejak dan kinerja hanyalah Pak Ganjar. Kami optimis, di tangan Pak Ganjar nanti Indonesia akan semakin unggul dengan gaya kerjanya yang sat-set,” ucap Syadzila.

Pleasat Valley, Upstate New York, USA

Meskipun dilanda hujan deras, di Pleasant Valley, NY, salah warga Indonesia senior menyelenggarakan diskusi mengenai keadaan demokrasi di Indonesia pada saat ini bersama beberapa pengamat.

Secara khusus, para peserta juga mendapatkan kopi buku Membongkar Pikiran Ganjar, karya Hamid Basyaib Yang telah diterbitkan dalam bahasa Inggris dan telah dikaji di Yale University beberapa waktu yang lalu.

Diskusi ini juga merupakan yang pertama kalinya diadakan di Lembah Hudson di New York. Diketahui, daerah pemilihan PPLN New York memang luas dan mencakup 15 negara bagian.

Yang spesial, acara diskusi ini digagas oleh Ben Saputra, warga Indonesia senior dan Irwan Rustiawan, rekan seangkatan Ganjar Pranowo di SMA.

Pada diskusi yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, Ed Meranda, salah satu peserta yang hadir menyatakan keprihatinannya mengenai kemungkinan Indonesia jatuh ke rejim yang otoritarian.

Ia berharap kandidat pro-demokrasi lah yang akan menang pada pemilu 2024. Secara khusus, Ia menyatakan bahwa salah satu tanda sistem demokrasi adalah dengan hadirnya kebebasan bernegara yang mengizinkan kreativitas untuk mencari hidup (market-based society for economic benefits) sebagai ciri-ciri pemerintahan yang sehat.

Ed juga menambahkan bahwa rezim otoritarian tidak akan ada yang bertahan lama dan mengingatkan seluruh warga Indonesia agar hati-hati karena rejim seperti inilah yang akan disesali oleh seluruh rakyat.

Lain lagi Charles Berghorn, konsultan senior yang kontan tegas menyatakan keprihatinannya atas tergerusnya penerapan konstitusi di Indonesia. Ia membandingkannya dengan apa yang terjadi di AS.

“Di Amerika Serikat, konstitusi adalah dasar segalanya, adalah bedrock dari kehidupan bernegara, dan merupakan pertahanan terpenting. Pemilu yang jujur yang adil adalah mekanisme untuk penentuan pemerintahan yang kredibel,” ujarnya.

Santa Fe, New Mexico, USA

Sosialisasi untuk pertama kalinya diselenggarakan di Santa Fe, tepatnya di East San Francisco St., Santa Fe, New Mexico, dan dihadiri oleh 20-an warga sekitar.

Penggagas kegiatan ini, John Wantania yang juga berprofesi sebagai koki, memang sengaja mengadakan kegiatan ini untuk mengadakan sosialisasi mengenai Ganjar – Mahfud.

“Mau siapapun yang mencoba, kami disini solid mendukung Ganjar – Mahfud,” ujar John yang juga sampai saat ini aktif menggalakan suara di Minahasa Utara dan sebelumnya pernah bekerja di Pemda Minut sebelum hijrah ke Amerika Serikat.

Pittsburgh, Pennsylvania, USA

Acara sosialisasi juga baru pertama kali diselenggarakan di Pittsburgh, Pennsylvania, dan dihadiri oleh 50-an warga sekitar.

Pribadi Kardono, salah satu pioneer keamanan siber di AS dan aktif di berbagai komunitas, mengatakan bahwa ia yakin hanya Ganjar – Mahfud yang dapat menjawab tantangan global saat ini yaitu dibukanya lapangan pekerjaan bagi kaum Gen-Z dan untuk menstabilkan harga yang terus meroket.

“Bagi saya, tantangan bagi Indonesia kedepan adalah untuk dapat menciptakan tenaga kerja yang mampu bersaing di kancah global. Program Mas Ganjar yang SMK gratis itu, saya harap bisa di-nasional-kan. Hanya dengan meningkatnya kualitas SDM kita mampu bersaing dengan negara-negara lain,” ujar Didik.

Ia membandingkan kualitas SDM Indonesia dengan Filipina.

“Dari Filipina, banyak dikirim kemari (Amerika Serikat) tenaga kerja perawat, misalkan. Dari India, banyak yang terlibat di industri komputer dan peranti lunak. Pasar terbuka luas bagi SDM Indonesia, semua terserah kita yang menindaklanjuti, mau bidang apa yang kita kuasai,” jelasnya.

Tunis, Tunisia

Warga Negara Indonesia di Tunisia membuka Warung D3mokrasi sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024.

“Gerakan jaringan World for Ganjar – Mahfud membuka Warung D3mokrasi di seluruh dunia lahir dari semangat bahwa di negara demokrasi seperti Indonesia, kedaulatan itu sepenuhnya ada di tangan rakyat. Kami sadar betul, meskipun kebanyakan dari kami lahir pasca-reformasi, bahwa perjalanan panjang para tokoh bangsa dalam memperjuangkan demokrasi yang penuh dengan keringat, air mata, dan darah itu harus dipertahankan,” ujar Nata Sutisna merangkap Juru Bicara World for Ganjar – Mahfud dan Ketua Umum Afrika for Ganjar – Mahfud.

Nata menuturkan, melalui Warung D3mokrasi, ia ingin membangun kesadaran bersama di tengah masyarakat, bahwa masa depan umat manusia ke depan harus dipimpin oleh pemimpin yang memiliki gagasan dan pengalaman yang matang.

Ia pun dengan lantang menyebut, kriteria pemimpin yang gagasan dan rekam jejaknya telah teruji itu adalah pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

“Semua orang percaya pada Mas Ganjar dan Pak Mahfud. Kami diaspora Indonesia di luar negeri akan merasa tenang bila dipimpin oleh Mas Ganjar dan Pak Mahfud. Mereka berdua adalah sosok yang berproses serta ditempa dari bawah. Sebab itu, kami yakin mereka berdua sangat paham dengan persoalan rakyat dan tentu sangat dekat dengan rakyat,” kata Nata.

Nata juga menjelaskan bahwa ia dan WNI lainnya di Timur Tengah dan Afrika, mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk bekerja sama mendorong agar Pemilu 2024 ini menjadi momentum agar demokrasi Indonesia naik kelas.

Ia juga menyebut gagasan Ganjar Pranowo pada debat pertama kemarin sangat kongkret dan jelas dibandingkan capres lain, karena berangkat dari rekam jejak dan pengalaman.

“Pemilu 2024 merupakan momentum untuk memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. Kami ingin demokrasi Indonesia itu naik level, dari prosedural menjadi substansial. Jangan sampai substansinya enggak dapet, eh yang proseduralnya di otak-atik oleh tangan-tangan kotor penguasa,” katanya.

“Sebetulnya kami tidak sedang memperjuangkan kemenangan untuk Mas Ganjar dan Pak Mahfud, tapi kami juga sedang memperjuangkan harkat dan martabat bangsa. Kami tantang deh pasangan lainnya untuk bicara gagasan, bukan pamer gemoy, jualan anak muda, apalagi joget-jogetan. Apa gak malu dilihat oleh rakyat di bawah yang bersuara memohon keadilan serta kesejahteraan?” lanjutnya.

Pada bulan Desember 2023, Warung D3mokrasi telah / akan diadakan di 35 titik di seluruh dunia sesuai dengan poster terlampir.

Pada saat ini sampai Februari nanti, sudah ada 35 titik yang terkonfirmasi dari Asia, Australia, Eropa, Amerika dan Afrika, dan jumlahnya terus bertambah.

Di Solo, Jawa Tengah, kegiatan Warung Mas Ganjar ditandai dengan pembagian pecah belah serta panci untuk memasak untuk 80-an warung.

***

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + eleven =