Capres

Usai Debat Capres, Ganjar Ladeni Debat Anak Muda di Program Demokr(e)asi

Usai Debat Capres, Ganjar Ladeni Debat Anak Muda di Program Demokr(e)asi

JAKARTA – Sepertinya tak ada waktu istirahat bagi Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Usai meladeni dua capres dalam debat sengit Capres di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) malam, Senin (8/1/2024) Ganjar kembali harus berdebat dengan ratusan anak muda dalam acara Demokr(e)asi.

Yah, Demokr(e)asi adalah acara yang dibuat Tim Pemenangan Muda Ganjar khusus untuk memberikan ruang dialog yang dibuat Ganjar dengan anak muda. Dalam acara itu, anak muda bebas memberikan masukan, mengkritik hingga menyampaikan curhatan.

Perhelatan Demokr(e)asi pertama digelar Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta. Meski baru pertama, namun acara Demokr(e)asi berlangsung meriah dan dihadiri ratusan anak muda dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Sejumlah artis, influencer dan tokoh muda pun turut hadir di sana. Seperti Young Lex, Afutami, Abigail, Faza Meong, Rian Fahardhi dan lainnya.

Satu persatu anak-anak muda itu memberikan pertanyaan, kritikan, masukan hingga curhatan ke Ganjar. Ada moment Ganjar tampil sendiri menyampaikan visi misi, menjawab pertanyaan panelis hingga harus berhadapan satu persatu dengan anak muda di atas panggung seperti debat Capres yang ia ikuti.

“Wah sudah seperti debat capres tadi malam ini. Semalam nonton kan? Gimana, seru tidak?,” tanya Ganjar.

“Seru pak, penampilan bapak tadi malam keren sekali. Bapak man of the match. Mau dong bombernya,” teriak anak-anak muda yang ada di sana.

Sejumlah persoalan disampaikan anak muda pada Ganjar dalam acara itu. Misalnya tentang ekonomi hijau, ekonomi kreatif, intelektual property, pendidikan, anti korupsi dan lainnya.

“Saya salah satu swing voters pak, karena saya melihat belum ada capres yang serius mengurusi ekonomi kreatif. Kalau bapak jadi presiden, apa rencana bapak soal ekonomi kreatif,” tanya Faza Meong.

Menjawab pertanyaan itu, Ganjar menegaskan bahwa pengembangan ekonomi kreatif adalah salah satu program prioritasnya. Bahkan sebagai bentuk keseriusan, Ganjar siap membuat lembaga khusus yang lebih intens menangani pengembangan ekonomi kreatif.

“Saya ngobrol dengan banyak kawan seniman dan pelaku ekonomi kreatif, mereka meminta ada lembaga khusus. Maka ke depan kita buat lembaga khusus untuk itu, yang fokus mengurusi semuanya, mulai pendampingan, akses modal sampai persoalan intelektual property,” terang Ganjar.

Ganjar juga akan memperbanyak creative hub di seluruh daerah di Indonesia. Membuka akses permodalan dengan menyiapkan bank khusus permodalan ekonomi kreatif, pemberian pendampingan dan lainnya.

“Dengan cara itu, maka anak muda kreatif dari seluruh daerah bisa berkarya. Ditambah program internet super cepat, gratis dan merata, maka industri digital Indonesia bisa berkembang pesat,” jelasnya.

Apa yang disampaikan Ganjar disambut antusias ratusan anak muda. Young Lex misalnya, ia berharap Ganjar konsisten terhadap janjinya dan melaksanakan optimalisasi ekonomi keatif lewat program yang bermanfaat dan tepat sasaran.

“Kami yakin dengan kinerja bapak yang sat-set dan tas-tes, bapak bisa melakukan perbaikan khususnya di sektor ekonomi kreatif. Semoga pak Ganjar terpilih,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Zizie, anak muda lain asal Bekasi. Zizie yang kuliah di Korea Selatan melihat betul bagaimana negara itu bisa sangat maju dengan pengembangan ekonomi kreatif.

“Jadi sudah betul kalau pak Ganjar menjadikan pengembangan ekonomi kreatif sebagai program prioritas,” ucapnya.


Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =