Cerita

Sowan ke Pesantren Magelang, Ganjar Ziarah Makam Ulama Ahli Pertanian

MAGELANG – Ganjar Pranowo, melanjutkan safari ke Pondok Pesantren Al Ma’shum Sidoagung, Tempuran, Magelang, Minggu (1712/2023). Capres 2024 nomor urut 3 itu berziarah ke makam ulama ahli pertanian sekaligus pendiri pesantren setempat, KHR Ma’shum.

Politikus berambut putih itu disambut langsung oleh pengasuh, KH Sholihun serta iringan solawat menggema saat turun dari kendaraan.

Sambutan luar biasa bukan hanya datang dari kiai dan santri, tapi warga sekitar pondok pesantren tidak kalah antusias menyambut kehadiran Ganjar. Warga berkerumun di gerbang ponpes setempat menunggu Ganjar keluar dari kediaman Pengasuh, KH Solihun.

Mereka pun mengantar mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu berziarah ke makam KHR Ma’shum, pendiri Ponpes. Jalan kaki sekitar 200 meter dari komplek pesantren.

Ganjar Pranowo mengatakan bahwa KHR Ma’shum merupakan ulama kharismatik karena memiliki sejarah perjuangan di masyarakat. Selain sebagai mursyid, Mbah Ma’shum begitu karib disapa, adalah seorang yang ahli pertanian.

“Ya, alhamdulillah bisa sowan ke pesantren dan bia berziarah ke makam KHR Ma’shum. Beliau ini pejuang untuk masyarakat di sini,” ujar Ganjar.

Cerita dari masyarakat, dulu di wilayah Magelang terutama Tempuran kesulitan mendapatkan air yang berimbas pada pertanian. Nah, oleh KHR Ma’shum kondisi itu dapat berubah menjadi wilayah yang subur untuk pertanian.

“Jadi dulu ceritanya di sini wilayah yang kering. Oleh Kiai Ma’shum dilakukan sistem-sistem pertanian yang menjadikan daerah sini subur,” paparnya.

Cerita-cerita perjuangan dari pesantren itu, menurut Ganjar, harus terus dilanjutkan melalui perhatian terhadap pendidikan santri.

“Pesantren dan santri juga harus mendapat perhatian. Sehingga ilmu para ulama terus mengalir ke generasi penerus,” tandasnya.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =