Capres

Safari ke Jepara, Ganjar Singgah di Kelenteng Tertua

Safari ke Jepara, Ganjar Singgah di Kelenteng Tertua

JEPARA – Ganjar Pranowo melanjutkan safari politiknya ke daerah Demak dan Jepara, Selasa (2/1/2024). Seusai menemui petani, anak muda, dan relawan, calon presiden (Capres) nomor urut 3 itu singgah di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, Jepara.

Ganjar yang mengekanan baju hitam disambut para pengurus kelenteng. Sejenak melihat foto-foto peristiwa dan tokoh yang pernah hadir di kelenteng, Ganjar berbincang seputar sejarah dan kegiatan budaya di tempat peribadatan tersebut.

Kelenteng ini dibangun oleh tokoh bidang pengobatan dari Tiongkok bernama Tan Siang Hoe bersama dengan kakaknya Tan Siang Djie. Terdapat dua kelenteng di Desa Welahan, yakni Kelenteng Dewa Langit dan Dewa Bumi. Hingga saat ini, kelenteng ini kerap dikunjungi warga Tionghoa di Indonesia maupun warga pribumi dari berbagai daerah.

Tidak ada yang tahu persis tahun berapa klenteng ini berdiri. Namun, diyakini tertua karena menyimpan satu-satunya pusaka Tiongkok yang pertama kali dibawa ke Indonesia yang dibawa oleh Tan Siang Hoe.

Suwoto, pengurus kelenteng Hian Thiang Siang, mengatakan bahwa Ganjar memiliki kedekatan dengan ketua kelenteng, sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Pak Ganjar kebetulan ada kunjungan ke Jepara dan mampir di sini. Beliau memang dekat dengan Ketua Kelenteng ini sejak jadi Gubernur,” paparnya.

Selain melihat komplek kelenteng, Capres berambut putih itu juga didoakan oleh Suhu Tan Kiong Hi, tokoh agama di kelenteng setempat.

“Iya, tadi didoakan oleh Suhu Tan Kiong Hi. Semoga apa yang diharapkan beliau dapat terwujud,” tandasnya.




#Safari #Jepara #Ganjar #Singgah #Kelenteng #Tertua
safari-ke-jepara-ganjar-singgah-di-kelenteng-tertua

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 5 =