Cerita

Ribuan Petani Tambak Karawang Antusias Panen Bareng Ganjar

Ribuan Petani Tambak Karawang Antusias Panen Bareng Ganjar

KARAWANG – Ribuan petani tambak dan warga Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Karawang, tampak antusias menyambut kedatangan Ganjar Pranowo, Minggu (14/1/2024). Siang itu, calon presiden (capres) nomor urut 03 itu diajak panen bandeng di tambak, dilanjutkan acara dialog dengan petani dan warga.

Panasnya lokasi acara di area tambak, tak menyurutkan semangat warga untuk menjemput dan menyambut Ganjar. Bahkan, mereka menyematkan kalung bunga kepada mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Melihat sambutan warga yang luar biasa meriah, Ganjar pun terlihat begitu bersemangat. Dengan ramah, Ganjar melayani warga yang mengajak bersalaman dan foto sembari jalan kaki sekira 300 meter menuju lokasi panen ikan.

Usai panen bandeng bersama, Ganjar menggelar dialog dengan petani dan warga.

Kartam, seorang petani tambak Desa Tanjung Pakis mengaku senang atas kehadiran Ganjar Pranowo. Warga dan petani tambak di desanya ingin mempercayakan aspirasinya kepada Ganjar.

“Rasanya senang sekali, karena warga dan petani tambak di sini memang ingin Pak Ganjar datang ke sini. Beliau yang kami anggap mampu mewujudkan aspirasi kami,” katanya.

Rasa senang warga itu dibuktikan dengan tingginya antusias dalam menyambut kedatangan Ganjar. Ribuan orang berkumpul di area tambak dan tidak berkurang hingga acara selesai.

“Tadi ada ribuan warga dan petani yang hadir di acara. Itu karena Pak Ganjar,” lanjutnya.

Kabul Budiono, petani tambak yang lain menambahkan, area tambak di desanya pernah tercemar minyak beberapa tahun lalu. Akibatnya, produksi tidak maksimal dan petani nyaris kehilangan mata pencarian.

“Namun ada penemuan pakan organik mikroba PA 63 Garuda, yang mampu mengurai kandungan minyak di air tambak. Sehingga petani bisa kembali berproduksi. Di sini diproduksi ikan nila, bandeng dan udang,” paparnya.

Ia berharap, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu memberikan perhatian terhadap teknologi hasil temuan lokal.

“Saya yakin Pak Ganjar bisa mengembangkan potensi teknologi lokal. Karena beliau orangnya perhatian dan merakyat,” tuturnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengapresiasi atas temuan teknologi dari hasil kreativitas dan inovasi masyarakat. Ke depan, pemerintah harus lebih memberikan perhatian agar bisa dikembangkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Teknologi-teknologi yang muncul dari lokal rasanya butuh mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sehingga kreasi dan inovasi yang berkembang di masyarakat, kita akan siap membantu memfasilitasi agar dapat dikembangkan dan dimanfaatkan,” tandasnya.


Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =