CapresMedia

Maju Pilpres, Ganjar Pranowo Cuti dari Ketua Umum Kagama

YOGYAKARTA — Ganjar Pranowo mengambil cuti dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada). Tugas-tugas Ganjar Pranowo selama cuti, diemban oleh Waketum I Budi Karya Sumadi.

Cutinya Ganjar Pranowo sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Kagama diungkapkan oleh Ketua VI Pengbadian Masyarakat PP Kagama, Anak Agung Gede Putra.

“Ketua umum kami istirahat selama periode berkontestasi,” ujar Ketua VI Pengbadian Masyarakat PP Kagama, Anak Agung Gede Putra, pada Kamis (14/12/2023).

Ganjar kemungkinan juga tidak hadir dalam rangkian acara Dies Natalis ke-74 UGM. Di dalam rangkian Dies Natalis tersebut, juga akan digelar rakernas Kagama. Rakernas Kagama akan dilaksanakan pada 16 Desember 2023. Di dalam rakernas ini, Ganjar Pranowo juga besar kemungkinan tidak hadir.

“Kemungkinan besar tidak hadir, kalau pun hadir dia sebagai pribadi dan kemungkinan besar tidak karena menjaga suasana netralitas dan mengapresiasi UGM kita,” ujar dia. Rakernas Kagama besok akan dipimpin oleh Waketum I Budi Karya Sumadi sebagai pelaksana tugas.

“Beliau (Ganjar Pranowo) istirahat berlibur dari kegiatan Kagama sehingga pelaksana tugasnya kepada Pak Budi Karya Sumadi Waketum 1 kita yang kebetulan menteri,” ucap dia.

Anak Agung mengungkapkan, Kagama bukanlah partisan. Kagama juga tidak berada dalam salah satu peserta kontestasi. “Kami sudah berkomitmen memberi tauladan tadi, rukun, dan klir Kagama itu bukan partisan. Kita tidak berada dalam salah satu kontestasi,” urai dia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sujito menambahkan, UGM dalam posisi netral.

“Kalau netralitas itu sudah menjadi fatsun politik kita karena koridor universitas kita memang universitas yang harus netral,” ujar dia.

Arie Sujito mengungkapkan, kebetulan memang ada alumni UGM yang maju dalam pemilu legislatif. Kemudian, calon yang maju dalam Pilpres juga ada alumni UGM. Namun, Arie Sutjito memastikan UGM dan Kagama tetap dalam posisi netral.

“Percayalah posisi UGM maupun Kagama tetap pada posisi yang netral. Karena misi kebangsaan kita untuk membawa agar Pemilu ini berlangsung dengan baik dan mengurangi cemoohan-cemoohan yang merusak,” pungkas dia.

__
Kompas.com

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 2 =