Capres

Lawatan ke Karawang, Ganjar Ziarah ke Makam Syekh Quro

KARAWANG – Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo berziarah ke makam Syekh Quro di komplek Masjid Agung Karawang, Jumat (15/12/2023). Menurut catatan, Syekh Quro memiliki peran penting dalam sejarah penyebaran Islam di Karawang pada abad ke-14.

Masyarakat Karawang meyakini, pada abad ke-14 Syekh Quro datang bersama para santrinya, yakni Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana Madzkur, dan Nyai Subang Larang, ke Pulau Jawa.

Mereka datang dengan menumpang kapal yang dipimpin Laksamana Cheng Ho yang sedang dalam perjalanan menuju Majapahit. Dalam pelayaran itu, armada Cheng Ho mendarat di Pura Karawang.

Syekh Quro beserta para santrinya pun turun di Karawang dan menetap di sana. Selama di Karawang, ia menyebarkan agama Islam dengan mendirikan Pondok Pesantren bernama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Alquran, pada 1418 M. Syekh Quro dimakamkan di Kampung Pulo Bata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang.

Ganjar Pranowo yang tengah melakukan lawatan di Karawang, singgah dan berziarah ke makam Syekh Quro usai menjalankan salat Jumat. Pengurus Masjid Agung Syekh Quro Karawang, H Ceceng Syarif Husain mengaku bangga bisa bersilaturahmi dengan Ganjar sekaligus berziarah ke makam leluhur.

“Kami bangga karena Pak Ganjar, salah satu capres bisa bersilaturahmi. Tadi salat Jumat berjamaah dan berziarah ke makam Syekh Quro yang berada di komplek masjid ini,” katanya.

Menurutnya, kehadiran mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menunjukkan bahwa Ganjar adalah sosok yang taat agama dan menghormati ulama, terutama leluhur.

“Iya beliau orang yang taat agama. Dan beliau punya kepedulian terhadap para leluhur,” tandasnya.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =