CapresCerita

Ini Penjelasan Ganjar Pranowo Soal Jargon Sat Set

Jakarta – Calon Presiden Ganjar Pranowo menjelaskan slogan sat set yang dia perkenalkan bersama Calon Wakil Presiden Mahfud Md dalam kampanye pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Slogan tersebut juga muncul dalam pakaian yang dikenakan pasangan tersebut dalam ajang debat capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa lalu, 12 Desember 2023.

Ganjar menyatakan jargon sat set itu melambangkan kecepatan. “Sat set. Sat set itu adalah cepat menuju unggul,” kata Ganjar dalam wawancara eksklusif bersama ANTARA di kediamannya, Jalan Taman Patra Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Desember 2023.

Jargon yang dibawakan oleh Ganjar-Mahfud itu berbeda dengan pasangan calon lainnya. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengusung jargon perubahan sementara pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakan mengusung jargon keberlanjutan dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Ganjar menyatakan dalam sat set terdapat nilai perubahan maupun keberlanjutan. Dia menyatakan akan melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang sudah berjalan dengan baik.

“Kami harus rasional melihat yang bagus harus dilanjutkan karena pada saat yang bagus-bagus ini terjadi, saya ikut di dalamnya, maka saya belajar untuk konsisten. Kalau kemudian ada yang belum, diperbaiki, kami akan perbaiki, begitu ya. Jadi, sat set,” kata dia.

Walaupun demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut mengatakan bahwa dirinya tidak mau ikut di dalam pertarungan nilai jargon dengan dua pasangan calon lainnya.

“Jadi, cerita ini saya sampaikan kepada publik karena kami tidak mau ikut genderang lawan. Yang satu kemudian pokoknya lanjutkan semuanya. Yang satu, mungkin, pokoknya tidak semuanya,” ujarnya.

Sebelumnya, jargon tersebut diperkenalkan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di ajang debat capres yang digelar KPU. Keduanya saat itu sama-sama mengenakan kemeja putih. Bedanya, pada bagian kiri atas kemeja Ganjar terdapat tulisan “Sat Set”, sementara pada kemeja Mahfud tertulis “Tas-tes”.

Sat-set dan tas tes merupakan bentuk ungkapan dalam bahasa Jawa untuk menggambarkan gerakan cepat.

__
Tempo

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =