Media

Hasto PDIP: Arus Balik Dukungan Akan Menangkan Ganjar Pranowo – Mahfud Md

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan akan ada arus balik dukungan ke pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud Md usai debat perdana di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa lalu.

Hasto menyebut belakangan survei pasangan nomor urut tiga itu selalu tertinggal dari pasangan nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau melihat kelompok pro demokrasi, mahasiswa sudah terlihat kuat mengawal demokrasi, mengawal agar pemilu berlangsung jujur dan adil, maka akan terjadi arus balik. Jika demikian, maka elektoral pasangan Prabowo-Gibran kemungkinan hanya 38 persen,” kata Hasto usai rapat evaluasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Kamis pagi, 14 Desember 2023.

Hasto mengklaim arus balik itu akan memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Hitung-hitungan tersebut, kata Hasto, berdasarkan hasil survei mutakhir, di luar 16 lembaga survei yang selalu menunjukkan hasil yang bias. Hasto curiga lembaga survei itu diduga digunakan untuk kepentingan elektoral. “Diduga ada kepentingan elektoral dan digunakan sebagai alat pemenangan,” kata Hasto.

Jika pasangan Prabowo-Gibran 38 persen, kata Hasto, masih ada 62 persen yang tidak setuju. Hasto menyebut ini mengindikasikan kelompok yang menjaga pelaksanaan Pemilu yang jujur dan adil tadi, efeknya seperti bola salju, terus menggelinding dan membesar.

Hasto mengklaim dari hasil survei menunjukkan Ganjar-Mahfud memiliki tren dan imej yang kuat. Oleh karenanya saat debat Ganjar memakai kemeja putih bertuliskan sat-set yang dimaknai, rakyat butuh solusi cepat dan tepat. “Sat set, gaspol, blusukan, dan tinggal di rumah rakyat. Itu artinya akselerasi, agar masalah rakyat cepat ditanggapi oleh pemimpin nasionalnya,” kata Hasto.

Sedangkan Mahfud Md berkemeja putih bertuliskan tas tes dengan lambang timbangan. Hasto menyebut kostum itu mencerminkan spirit keadilan, bahwa di dalam menegakkan keadilan, rakyat tidak boleh menjadi korban ketidakadilan, termasuk yang dilakukan oleh aparatur negara.

Saat pemaparan visi misi, kata Hasto, Ganjar berangkat dari problematika rakyat Indonesia yang kemudian dijawab dengan solusi yang cepat.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan usai debat pertama di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa kemarin, dirinya merasa ada sinyal positif untuk lebih dikenal publik. Ganjar mengklaim sinyal itu ia rasakan lantaran respons masyarakat yang memberikan komentar soal debat itu.

“Tadi, saya lari pagi dengan istri, bertemu warga, banyak yang menyapa, dan membicarakan soal debat semalam. Buat Saya ini sinyal positif, saya dikenal,” kata Ganjar, di Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Rabu malam, 13 Desember 2023.

Bekas Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan debat calon presiden pertama itu merupakan ajang pemanasan bagi dirinya. Pada debat itu, kata dia, dirinya juga bisa menyampaikan gagasan dan sikap. “Harapan saya, para penonton menjadi tahu dari 3 capres ini mana yang bisa merepresentasikan kegelisahan rakyat, dan kemudian bisa menyelesaikan atau tidak,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar masyarakat yang menyapa dirinya ketika olah raga pagi itu menunjukan kalau penjelasan program di debat dapat diterima oleh masyarakat. “Kalau saya bilang pemanasan ini oke buat saya. Berarti penjelasan saya diterima masyarakat,” kata dia.

Ganjar menganggap debat pertama ini jadi momentum dirinya untuk menyapa publik dan menjawab isu terkini. Selain itu, ia menilai debat perdana itu menjadi poin awalan untuk menunjukkan kepada masyarakat agar bisa menilai gagasan, rekam jejak, dan konsistensi.

“Kalau saya kepentingan di debat perdana ini adalah untuk menyapa, hai publik, calon pemilih, Anda punya hak bertanya kepada kami, dan diwakili panelis yang bagus-bagus. Dan, kami menjawab setiap pertanyan biar kalian tahu siapa yang konsisten, siapa yang punya gagasan, dan siapa yang punya track record, serta bukti-bukti yang jelas,” kata Ganjar.

__
Tempo.co

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eight =