Cerita

Ganjar Makan Nasi Leye Bareng Warga Wonosobo

WONOSOBO – Usai menginap di rumah warga, Ganjar Pranowo langsung berkunjung ke Pasar Kumandang Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Senin (18/12/2023). Capres 2024 nomor urut 3 itu berdialog dengan tokoh masyarakat dan menikmati nasi jagung leye bersama warga.

Nasi jagung leye memang menjadi menu khas di pasar berkonsep wisata kuliner tersebut. Nasi jagung leye adalah berpaduan jagung yang sudah dimasak lembut, sedangkan leye tak lain adalah tiwul. Nasi ini akan bertambah lezat jika disajikan dengan sayur lumbu dan ikan asin.

Menurut Ganjar, potensi yang ada di desa sangat bisa dikembangkan menjadi wisata. Salah satunya adalah Pasar Kumandang.

“Sebenarnya banyak desa-desa wisata yang tumbuh, dan ini salah satu contoh yang bagus,” ujarnya.

Ke depan, pemerintah harus membantu desa untuk menggali potensinya. Sehingga dapat dikembangkan menjadi wisata. Menurutnya, potensi yang ada harus terus dikembangkan, dikenalkan, dan dijadikan wisata, termasuk kuliner. Tentunya dengan setiap daerah punya kesadaran untuk mengangkat potensi, maka kekayaan Indonesia akan lebih dikenal.

“Pemerintah nanti punya data potensi apa saja, kuliner apa saja dan bagus untuk dinikmati atau dikunjungi jika menjadi wisata. Pemerintah harus peduli itu,” ungkapnya.

Ganjar sendiri telah berperan penting dalam pengembangan desa wisata di Jawa Tengah. Saat menjabat selama dua periode, Ganjar telah menyalurkan bantun stimulan guna pengembangan desa wisata. Mulai desa wisata rintisan, berkembang dan maju. Ada sebanyak 818 desa wisata di Jawa Tengah yang hidup hingga 2023.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =