Capres

Dihadiahi Wayang Golek Ksatria, Ganjar Jadi Simbol Harapan Seniman Tradisi

KARAWANG – Ganjar Pranowo, singgah di sanggar wayang golek Gentra Manah di Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe saat safari ke Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Capres nomor urut 3 itu pun diberi hadiah wayang ksatria yang suka berjuang keras dan berkarakter jujur oleh Ki Dalang Darsa Wibiksana.

Ganjar tiba di kediaman Ki Darsa disambut oleh tarian dan pengalungan bunga. Selepas itu, dipersilakan ke tempat latihan di lantai dua rumahnya. Di sana, keduanya berdiskusi tentang pengembangan kesenian terutama wayang.

Politikus berambut putih itu pun disuguhi penampilan singkat Ki Darsa, yang memainkan tokoh Cepot. Lalu, dalang yang juga ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jawa Barat itu menghadiahi Ganjar sebuah wayang ksatria berkarakter jujur.

“Itu tadi wayang ksatria yang memiliki makna sosok yang adil dan bijaksana. Ya karena Pak Ganjar akan membawa amanah buat negara dan bangsa,” kata Ki Darsa.

Selain itu, hadiah wayang tersebut juga sebagai harapan para dalang agar Ganjar nantinya selalu ingat betapa pentingnya kesenian, terutama wayang.

“Agar Pak Ganjar selalu ingat kalau 7 November itu hari wayang nasional. Karena generasi muda harus tahu dan cinta terhadap seni dan kearifan lokal,” imbuhnya.

Sementara, Ganjar Pranowo mengapresiasi Ki Darsa yang telah merelakan dirinya untuk menjadi penjaga sekaligus pelestari seni dan budaya.

“Ini tidak lagi bicara pelestarian tapi sudah pengembangan. Kita bersama-sama berupaya agar kesenian dapat terus ada, terjaga dan berkembang sampai ke generasi berikutnya,” tandasnya.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + nine =