Di CFD Karanganyar, Mas Ganjar Apel Antihoax dan Ajak Punguti Sampah

Spread the love

Gubernur Jateng nonaktif Ganjar Pranowo berjalan-jalan di Car Free Day Karanganyar, Minggu (1/4/2018) pagi. Selain menyapa warga, ia juga apel anti hoax dan melakukan aksi pungut sampah.

Sejak tiba di kawasan CFD Jalan Lawu, Ganjar yang didampingi Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Paryono dan Ketua DPC PDIP Karanganyar Endang Muryani, sudah menjadi pusat perhatian. Seperti biasa warga berebut mengajak foto bersama.

Sembari melayani warga, Ganjar berjalan menuju Alun-alun. Rupanya Siti Atikoh, isteri Ganjar, sedang senam bersama Komunitas Perempuan Gayeng. Ibu-ibu itu semakin bersemangat melihat Ganjar datang.

Usai senam, tiga kelompok barisan Senkom (Sentral Komunikasi) Mitra Polri Karanganyar muncul. Sekitar lima ratus pria berseragam oranye itu langsung berbaris dan membentangkan spanduk bertuliskan “Deklarasi Hoax, kami mendukung Polri menindak pelaku penyebar informasi hoax serta ujaran kebencian. Kami menolak dengan tegas dan keras isu sara dalam pilkada, paham radikalisme & intoleransi. NKRI harga mati…!!!

Apel singkat pun berlangsung. Ganjar memberi pengarahan singkat tentang bagaimana Senkom harus menjadi garda depan melawan hoax, radikalisme, dan intoleransi.

“Nah hoax dan fitnah ini seperti sampah yang bertebaran di alun-alun ini. Sekarang semuanya berjajar dari utara ke selatan lalu berjalan maju mengambili sampah semuanya, ayoo,” kata Ganjar memberi instruksi.

Ratusan anggota Senkom melaksanakan perintah Ganjar yang juga berada di tengah barisan. Bagai mesin penyedot, barisan itu memunguti semua sampah baik plastik, bungkus makanan, dan kardus snack. Dalam sekejap, rumput alun-alun bersih kembali.

Acara pagi itu ditutup dengan makan soto bersama anggota Pemuda Pancasila di pinggir Jalan Lawu.