Atikoh

Banteng dan Reog Sambut Kedatangan Atikoh di Ponorogo

PONOROGO – Kedatangan Siti Atikoh Supriyanti mendapat sambutan meriah dari warga Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Di bawah terik matahari, ratusan warga antusias menyambut kehadiran istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo itu.

Senin (18/12/2023) pukul 14.15 WIB, rombongan Atikoh tiba di lokasi. Didampingi Bupati Ponorogo yang juga kader PDI Perjuangan Sugiri Sancoko, Ketua DPC PDI perjuangan Ponorogo Bambang Yuwono.

Selain itu terlihat pula Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari, DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu dan Sadarestuwati serta Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya. Tampak pula perwakilan dari partai koalisi.

Menuju Lapangan Arjowilangun, Atikoh diarak dengan gajah dari kelompok paguyuban seni gajah-gajahan. Atikoh tampak menari mengikuti iringan lagu dari pengeras suara.

Sekitar 150 meter, Atikoh turun dari gajah-gajahan dan kembali berjalan ke Lapangan Arjowilangun. Sebelum masuk lapangan, Ia disambut banteng-bantengan. Atikoh tampak tak berhenti kekagumannya. Selama berjalan, Atikoh juga menyapa warga. Tak sedikit dari mereka yang berlari hanya untuk menghampiri Atikoh.

“Bu Ganjar, maturnuwun karawuhane teng Bumi Reog bu, Insya Allah menang satu putaran. Ganjar Mahfud yes-yes-yes,” teriak warga yang mengaku bernama Sodiq.

Tiba di panggung utama, Atikoh langsung disajikan penampilan tarian tradisional Reog. Hiburan rakyat yang sarat unsur magis ini menjadi spesial karena dibawakan oleh puluhan seniman Reog. Semakin istimewa, tatkala salah satu penari Reog pamer bagian belakang kepala Reognya yang bertuliskan “Ganjar Mahfud Presiden 2024”.

“Terima kasih sekali. Ini pengalaman luar biasa buat saya,” ucap Atikoh usai menyaksikan penampilan tari Reog.

Di kesempatan itu, Atikoh mengapresiasi Bupati Giri yang telah berupaya menjaga agar Reog tak diklaim oleh bangsa lain. Hasilnya, Reog Ponorogo diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Indonesia oleh Unesco.
“Ini benar-benar menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” tegasnya disambut meriah warga Ponorogo.

Momen semakin meriah tatkala Atikoh menyampaikan salam dari suaminya, Ganjar Pranowo. Atikoh mengatakan, Ganjar cinta masyarakat Ponorogo.

“Tadi saya bilang ke Mas Ganjar karena lagi di Wonosobo, katanya salam untuk warga Ponorogo. Mas Ganjar cinta banget sama masyarakat Ponorogo,” tandasnya.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − two =