Atikoh

Atikoh Ganjar Senam Bareng Warga Kota Magelang, Cerita Soal Manfaat KTP Sakti

Atikoh Ganjar Senam Bareng Warga Kota Magelang, Cerita Soal Manfaat KTP Sakti

MAGELANG – Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo senam bareng emak-emak simpatisan dan kader PDI Perjuangan, di Lapangan Kwarasan, Kota Magelang, Kamis (28/12/2023). Atikoh mendorong agar warga selalu menyempatkan olahraga dan menjaga pola hidup sehat.

“Tadi senamnya baru sebentar ya Bu, nanti dilanjut lagi biar sehat. Karena itu salah satu dari cara kita untuk menjaga kesehatan, dan cara kita mencintai diri sendiri dan cara kita untuk bersilaturahmi,” ucap Atikoh saat menyapa warga.

Di kesempatan itu, Atikoh menegaskan khususnya pada kelompok perempuan untuk menjadi bakoh atau kuat. Sebab dengan perempuan kuat sebagai tiang negara, maka bisa terwujud Indonesia tangguh.

“Ibu-ibu itu kalau mengerjakan apa-apa, selalu sat-set, tas-tes, kaya Pak Ganjar dan Pak Mahfud,” tegasnya.

Atikoh pun menyampaikan beberapa hal program dari visi-misi Ganjar-Mahfud. Ibu dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar itu yakin sikap militant para ibu-ibu bisa membantu mensosialisasikan di momen apapun.

“Salah satunya adalah satu keluarga miskin satu sarjana, inilah (cara) bagaimana kita menyiapkan SDM Indonesia untuk menjadi SDM yang tangguh,” tegasnya.

Atikoh mengatakan, dengan pendidikan tinggi maka akan muncul pula SDM yang berkualitas. Berikutnya, kesempatan mendapatkan kehidupan layak akan lebih luas lagi.

Terkait dengan SDM pula, lanjut Atikoh, maka pencegahan stunting menjadi penting. Edukasi kepada perempuan khususnya, harus terus-menerus diberikan agar mereka peduli terhadap kesehatan diri sebagai calon ibu.

“Saya selalu mendapat komplain ketika di Jawa Tengah, sebagai pendamping Mas Ganjar, bu saya ekonomi tidak mampu kok tidak mendapatkan apapun. Nah ini yang perlu adanya integrasi data, Ganjar-Mahfud punya program namanya KTP Sakti,” tegasnya.

Program KTP Sakti ini nantinya membuat semua pelayanan bisa tersimplifikasi. Cukup pakai NIK, masyarakat bisa sat-set mengakses jaminan sosial dan lainnya.

“Nanti satu kartu yaitu KTP itu terintegrasi seluruh data-data yang ada sehingga cukup pakai satu identitas untuk aktivitas apapun,” tandasnya.

Sebagai informasi, Atikoh memulai lagi safari politik ketiganya selama masa kampanye pilpres 2024 pada hari Rabu (27/12/) hingga Sabtu (30/12/2023). Kali ini, Atikoh mendatangi beberapa kota/kabupaten di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Usai bertemu ibu-ibu di Bantul, Ibu dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar terjadwal akan mendatangi beberapa Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, hingga Kabupaten Banyumas pada Kamis (28/12/2023).

Kemudian, Atikoh akan melanjutkan kegiatan pada hari Jumat (29/12) dengan mendatangi beberapa wilayah di Jawa Tengah, seperti Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kota Semarang.

Seperti diketahui, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud Md berjanji akan memberlakukan Kartu Tanda Penduduk atau KTP Sakti bila terpilih dalam pilpres 2024. Program itu dinilai dapat memperkuat sistem Satu Data Indonesia dan memperluas distribusi bantuan sosial (bansos).

KTP Sakti merupakan singkatan dari Satu Kartu Terpadu Indonesia, dan dapat digunakan masyarakat untuk mengakses jaminan sosial, mulai dari bantuan pendidikan, kesehatan, dan lainnya. KTP Sakti akan menghilangkan praktik pungutan liar (pungli) yang sering terjadi ketika penyaluran bansos dan menghindari duplikasi data masyarakat.


Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + five =