Atikoh

Atikoh Ganjar Pranowo ke Lamongan, Siap Dorong Pelaku UMKM

LAMONGAN — Siti Atikoh, istri calon presiden (capres) Ganjar Pranowo klaim sangat berpihak kepada kaum perempuan dan marjinal yang kerap kali terasingkan. Terlebih kepada perempuan perempuan pelaku UMKM. Atikoh Ganjar akan selalu mendukung dan siap berjuang demi kemajuan UMKM.

“Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mensuport mereka. Salah satunya kredit usaha khusus perempuan. Saya tidak menjanjikan, saya akan berjuang Sehingga keberpihakan kita kepada kaum marjinal benar-benar nyata,” ujarnya, usai berdialog dengan pelaku UMKM di Lamongan, Rabu 20 Desember 2023.

Sebelumnya, istri capres nomor urut tiga ini, sempat menyampaikan gagasannya ketika mendapat pertanyaan dari seorang pelaku UMKM, apa yang akan dilakukan ketika menjadi Ibu Negara terhadap kemajuan UMKM.

Pelaku UMKM pemula bisa mendapatkan permodalan Rp 5-10 juta melalui lembaga perbankan tanpa harus agunan.

“Biar pelaku UMKM pemula ini bisa bangkit. Kalau pelaku UMKM yang sudah besar atau maju tentu ada persyaratannya sendiri,” tutur Atikoh Ganjar.

Selain itu, ia juga mendorong agar para pelaku UMKM bisa bertransformasi ke ruang digital. Sehingga mampu menerapkan model pemasaran yang lebih efisien dan efektif.

Menurut ibunda Alam Ganjar ini banyak anak-anak muda yang sudah memiliki kompetensi digital marketing. Bisa menggerakkan pelaku UMKM dengan melakukan pembinaan bagaimana cara memotret, menarasikan dan memasarkan ke ruang digital.

“Intinya, pandai-pandai mencari komunitas agar bisa saling berbagi pengalaman dan produk hasil UMKM, “papar Atikoh Ganjar.

Pada kesempatan itu, Atikoh Ganjar juga didaulat untuk menyerahkan ratusan sertifikat produk UMKM dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) hingga sertifikat halal yang selama ini dimotori Gerai UMKM Lamongan.

“Dengan dokumen ini usaha sudah diakui dan terlindungi, akses program pemerintah. Tentu ini juga bisa diintegrasikan.Biasanya, bagi UMKM dari sisi permodalan hingga difasilitasi pemerintah,” pungkasnya.

Acara temu pelaku UMKM di Lamongan itu, Atikoh juga didampingi Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari, sejumlah Caleg PDI Perjuangan Dapil Lamongan-Gresik, Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Husein dan Ketua DPC partai pendukung. Ketua PPP Zainul A, Hanura Sholikh dan Perindo Budi.

Sebelum meninggalkan Kota Soto (julukan Lamongan), Atikoh Ganjar membaur dengan pelaku UMKM dan masyarakat yang hadir di acara yang digelar di Gedung Korpri Jalan Kusuma Bangsa, Lamongan tersebut.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =