Alam

Alam Ganjar Menari Kecak Bersama Para Seniman Uluwatu

BALI — Tarian Kecak Uluwatu, yang juga dikenal sebagai Fire Dance Bali merupakan salah satu pertunjukan budaya yang menjadi identitas wisata di Pulau Bali. Perpaduan yang memukau antara seni, budaya, dan alam yang memanjakan indera manusia.

Hal senada diungkapkan langsung oleh putra calon Presiden RI, Muhammad Zinedine Alam Ganjar di Uluwatu, Badung, Bali, Minggu (17/12/2023).

“Luar biasa tari kecak mandiri ya karena enggak ada aransemen lagi atau backsound apapun, semuanya akapela,” ujar Alam.

Alam melihat pentas seni kecak di Uluwatu tersebut memiliki dampak luar biasa terhadap perekonomian lokal di Bali. Hal tersebut jadi optimisme bagaimana Indonesia mempunyai potensi besar di sektor pariwisata.

“Tadi dapet cerita juga satu kali pentas ada 70 seniman yang terlibat dan pendapatannya juga cukup tinggi, satu venue bisa menampung hingga 1.200 orang dan tadi cukup penuh banyak turis mancanegara, ada dari Australia dan India. Tentu ini jadi optimisme,” kata Alam.

Perpaduan antara budaya dan alam menjadi daya tarik tersendiri. “Ini budaya yang luar biasa, ditambah lagi pemandangan dari pantai Uluwatu yang langsung nyambung ke Samudera Hindia. Jadi itu memang luar biasa indah untuk healing,” lanjut Alam.

Dari pertunjukan tersebut Alam memperoleh pengalaman bagaimana Uluwatu mengajarkan konsistensi tradisi secara turun temurun dan terus dijaga keasliannya.

“Sehingga ini menjadi daya tarik wisata untuk menikmati bahkan belajar tari kecak, karya seni seperti ini bakalan timeless, ditambah perpaduan alam yang luar biasa indah, performnya sustainable,” jawab Alam.

Lanjutnya, tak hanya dipertahankan eksistensinya, hal yang membuat tari kecak tersebut konsisten karena promosi destinasi yang bagus dengan menjadikan Tari Kecak Uluwatu sebagai salah satu icon penting di Bali.

“Tapi ga cuma di pertahankan, tari kecak di Bali ini terus dapet eksposure dari berbagai pengunjung ditambah promosi destinasinya yang bagus dan menjadi salah satu tren center apabila hendak datang ke Bali,” ungkap Alam.

“Strategi seperti ini yang harusnya bisa diimplementasi di sejumlah titik wisata di Indonesia agar semakin banyak kunjungan wisata, meningkatkan PDB dan Indonesia semakin dikenal dengan keindahan alamnya,” pungkas Alam.

Dalam pertunjukan tersebut, Alam Ganjar diajak menari kecak bersama seluruh seniman yang berlaga pada sesi tersebut. Alam tampak senang dan mengikuti gerakan tarian bersama seniman tersebut.

__
RM.id

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + sixteen =