Alam

Alam Ganjar Ajak Generasi Muda Aktif Jaga Lingkungan

BALI — Putra Pertama Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, mengajak generasi muda untuk aktif menjaga lingkungan. Alam mengatakan, masalah sampah di Indonesia hingga kini belum dapat terselesaikan.

“Soal sampah masih jadi permasalahan lingkungan hidup, bagaimana pembuangan sampah itu masih belum beres, masih berserakan di alam maupun di tempat umum dan residu efeknya banyak sekali, bisa dari aktivitas pariwisata dan sampah rumah tangga,” ujar Alam dalam keterangannya, dikutip Rabu (20/12/2023).

1. Sistem penanganan sampah masih harus ada pembenahan

Alam mengatakan, sistem penanganan sampah masih harus ada pembenahan. Dia menyebut, pemerintah tak bisa bekerja sendiri sehingga harus ada peran aktif dari masyarakat.

“Masih perlu ada pembenahan, di mana sistem pengumpulan sistem bersama agar itu bisa di eksekusi melalui dukungan dari pemerintah,” ucap dia.

2. Penguraian sampah juga harus dilakukan di TPA

Menurutnya, penguraian sampah juga harus dilakukan di tempat pembuangan akhir (TPA). Sebab, tak sedikit kejadian TPA meledak karena gas metana sudah menumpuk.

“Bagaimana pemilihan sampah belum dilakukan secara efektif sehingga membuat TPA membludak dan meledak secara besar karena sampah organik mengeluarkan gas metana yang menyebabkan hal tersebut terjadi,” kata dia.

3. Perlu ada langkah konkret

Lebih lanjut, Alam mengatakan, perlu ada langkah konkret dalam penangan masalah sampah. Hal terpenting, kata Alam, memberikan pendidikan yang baik sejak dini untuk menjaga lingkungan.

“Ini salah satu langkah konkret karena objektif awalnya hanya mendengarkan aspirasi, tapi bergeser ke ide bagaimana kita bisa membuat sistem yang bisa diadopsi secara nasional. Karena banyak sekali gerakan di Bali terkait pengolahan sampah,” ujar dia.

__
INDTimes.com

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + nine =