Media

Makna Baju Adat Ganjar-Mahfud saat Debat Cawapres

JAKARTA — Ada hal berbeda dalam debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) pada malam ini, Jumat (22/12). Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengenakan baju adat dari dua daerah berbeda.

Ganjar mengenakan baju adat Pulau Rote Ndao. Sementara Mahfud mengenakan baju tradisional khas Madura. Keduanya datang bersama dalam satu waktu. Ganjar dan Mahfud juga sempat melambaikan tangan ke kamera. Setelah itu, mereka langsung masuk ke venue debat.

Menukil laman resmi Pemkab Rote Ndao, baju adat Rote Ndao terdiri dari Ti’i langga sebagai topi, selimut yang deselempangkan di bahu kanan, Selimut (hafa) yang dililitkan di pinggang, dan Habas yang dikalungkan di leher.

Ti’i langga merupakan aksesoris dari pakaian tradisional untuk pria Rote. Tetapi pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat menarikan tarian tradisonal foti.

Konon hal tersebut melambangkan sifat asli orang Rote yang cenderung keras. Selain itu, ti’i langga juga merupakan simbol kepercayaan diri dan wibawa pemakainya.

Sementara baju adat Madura yang memiliki garis-garis merah putih yang dikenal sebagai baju Pesa’an. Terdapat filosofi menarik di balik wujud pakaian pesa’an itu. Wujudnya yang serba longgar adalah perwujudan dari masyarakat Madura yang begitu menghargai suatu kebebasan.

Sementara itu, kaos dengan warna belang merupakan dalaman dari baju luaran pesa’an itu menunjukkan mental pejuang, pemberani, dan tegas yang dimiliki oleh suku Madura.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12). Debat diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB dengan melibatkan para calon wakil presiden.

Tema debat cawapres 22 Desember 2023 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Segmen 1 penyampaikan misi masing-masing cawapres. Setiap calon dapat saling sanggah di segmen 2, 3, 4, dan 5. Pada segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.

__
CNN Indonesia

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =