“Tamu Istimewa” Tanyakan Sayur Kesukaan Ganjar

Spread the love

Semarang – Tawa riang dan celoteh anak-anak terdengar riuh dari Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur, Selasa (19/10). Ditemani guru dan perwakilan orang tua, siswa-siswi PAUD Nasional Sekar Byru Semarang tampak antusias menanti kehadiran Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP yang hendak menyapa mereka.

Sembari menunggu, sejumlah guru membisikkan pertanyaan ke beberapa siswa untuk diajukan kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu. Tak berselang lama, Gubernur Ganjar Pranowo pun menyapa hangat kehadiran siswa-siswi PAUD satu per satu. Dijabatnya tangan mungil mereka sembari menanyakan nama masing-masing.

“Kamu siapa namanya?,” tanya Ganjar sambil mengelus lembut kepala seorang anak laki-laki.

“Josh,” jawab anak laki-laki itu lantang.

“Josh siapa? Jos gandos?” lanjut Ganjar.

Mendengar gurauan gubernur, Josh tersipu malu.

Mantan anggota DPR RI itu pun menguji kemampuan siswa-siswi PAUD bernyanyi lagu dolanan. Pasalnya, sang kepala sekolah, Sukma SS menyampaikan, PAUD Nasional Sekar Byru menanamkan kecintaan anak-anak usia dini terhadap budaya daerahnya. Seperti pembelajaran berbahasa Jawa dan memperkenalkan mereka dolanan Jawa. Namun, mereka juga dibekali kemampuan bahasa lainnya. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin.

“Anak-anak sudah bisa nyanyi Cublak-cublak Suweng belum? Yuk sekarang nyanyi Cublak-cublak Suweng,” tantang Ganjar.

Siswa-siswi pun menyanyi Cublak-cublak Suweng secara serempak. Tak puas bernyanyi bersama, sejumlah siswa pun unjuk gigi kembali di hadapan gubernur. Ada siswa yang bernyanyi lagu Indonesia, Gundul-Gundul Pacul, hingga Pelangi. Beberapa siswa bahkan berani mengajukan pertanyaan kepada gubernur. Salah satu di antaranya Josh. Siswa berwajah oriental itu bertanya apakah gubernur senang mengonsumsi sayur-mayur.

“Bapak suka sayuran?” tanya Josh lugu.

“Wah suka banget dong. Josh tahu nggak macam-macam sayuran?,” tanya Ganjar balik.

“Wortel, brokoli, bayam,” jawabnya polos.

Bagi Ganjar, siswa-siswi PAUD Nasional Sekar Byru yang berkunjung ke kantornya hari itu adalah tamu-tamu istimewa. Mereka anak-anak berbakat yang berani menampilkan budaya Jawa dengan menyanyikan lagu-lagu dolanan.

“Saya mendapatkan tamu istimewa, melebihi keistimewaan tamu-tamu yang pernah hadir. Mereka generasi muda yang luar biasa, belajar percaya diri bertemu dengan gubernurnya. PAUD-nya menarik karena mengajarkan toleransi beragama. Bahasa yang diajarkan pun ada Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa. Maka saya heran karena ada anak-anak PAUD sekarang yang menyanyi Cublak-cublak Suweng dan Gundul-Gundul Pacul dengan sangat berani,” ujar alumnus UGM itu.

Ganjar mengaku terkesan ketika salah seorang siswa PAUD, Josh bertanya apakah dia gemar mengonsumsi sayuran. Meski sederhana, pertanyaan itu menunjukkan bahwa Josh sadar akan pentingnya sayuran untuk mencukupi kebutuhan gizi dan menunjang kesehatan seseorang.

“Mereka sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang bagus-bagus.Tadi itu saya ditanya, Pak Ganjar suka makan sayur apa. Artinya, mereka juga sudah belajar bahwa sayur itu penting,” pungkasnya.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2017-10-19 06:30:36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *