Rutin Berkomukasi, Mas Ganjar Merasa Sangat Kehilangan Ki Enthus Susmono

Spread the love

SEMARANG – Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikenal cukup dekat dengan mendiang Enthus Susmono. Maka begitu mendengar kabar berpulangnya Bupati Tegal nonaktif yang sekaligus dalang nyentrik tersebut dia sangat terpukul.

Kabar meninggalnya Ki Enthus sampai di telinga Ganjar hanya selang beberapa menit begitu viral di dunia maya. Setelah persiapan seperlunya, dia langsung berangkat Desa Bengle, Kecamatan Talang, tempat jenazah Ki Enthus disemayamkan.

“Pak Enthus itu sahabat saya. Orangnya berani, cenderung ceplas-ceplos tapi sebenarnya maksud hatinya baik.
Saya merasa sangat kehilangan dan mendoakan semoga pak Enthus Khusnul khatimah,” kata Ganjar.

Ganjar mengaku intens berkomunikasi dengan Ki Enthus. Posisinya sebagai gubernur ketika itu, dan almarhum sebagai Bupati Tegal membuka pintu-pintu obrolan sampai pertukaran pikiran antara keduanya.

“Saya komunikasi rutin dan bahkan dalam beberapa hal sering bertanya kepada saya. Berkesenian tidak pernah lepas, bercandanya tidak lepas,” katanya.

Meski demikian, lanjut Ganjar, Ki Enthus termasuk orang yang cukup serius meskipun dari seniman jadi politisi kemudian menjabat sebagai bupati. Ganjar menegaskan, Ki Enthus sosok yang mencoba selalu belajar dan tidak menghilangkan akarnya.

“Mudah-mudahan apa yang telah dikerjakan selaku mewarnai birokrasi di sana untuk menjadi lebih baik. Segala sesuatu yang ditinggalkan yang baik kita teruskan yang baik kita singkirkan. Insyaallah apa yang dikerjakan selama ini oleh mas Enthus manfaat bagi masyarakat Tegal,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Bupati nonaktif Enthus Susmono meninggal dunia pada 14 Mei 2018 atau bertepatan dengan menjelang puncak peringatan HUT Kabupaten Tegal ke 417 pada 18 Mei lusa,

Bupati sekaligus dalang kondang ini meninggal usai mengikuti acara pengajian dan pelepasan siswa di Kecamatan Jatinegara.

Pihak rumah sakit dr Suselo yang menangani Enthus menyatakan, Enthus meninggal akibat serangan jantung. Jenazahnya telah dimakamkan hari ini di kompleks rumahnya dengan diantar ribuan orang pelayat.