Rumah Kumuh yang Diinapi Ganjar itu Kini Telah Diperbaiki

Spread the love

“Tidak pernah gubernur datang ke desa kami, apalagi menginap. Biasanya kami hanya nonton di TV jadi ya terkejut sekali,” kata Khopiyulloh.

Rumah Patonah (80) yang beberapa waktu lalu mendadak ramai karena diinapi Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Selasa (12/3/2018) malam itu kembali riuh. Para tetangga berdatangan.

Apakah Ganjar datang lagi? Tidak. Warga berduyun-duyun datang untuk mangayubagya karena rumah nenek pengidap stroke itu telah diperbaiki.

Sebelumnya, sejak Rabu pekan lalu, mereka bergotong royong memperbaiki rumah yang beralamat di RT 01 RW 10, Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal itu. “Perbaikan selesai hari ini terus pada kumpul ngobrol-ngobrol,” kata Khopiyulloh (41), putra Patonah.

Rumah Patonah yang semula berdinding papan kini nampak lebih kokoh dengan dinding batu bata berplester. Lantai yang awalnya tanah telah disemen. Sebuah kamar baru dibuat di bagian depan khusus untuk Patonah dengan kasur dan rak baru.

Sebelumnya kamar Patonah sangat sempit dan kumuh. Perkakas dapur seperti ember dan panci bergeletakan di atas kasur.

“Sekarang kamar ibu ada jendelanya jadi lebih sehat,” kata Khopi, panggilan akrabnya.

Khopi menyampaikan terimakasihnya pada Ganjar karena telah membantu perbaikan rumah. Ia sendiri tidak menyangka sekelas gubernur mau menginap di rumah ibunya yang jauh dari kesan layak.

“Kami sekeluarga menyampaikan terimakasih banget atas bantuannya Pak Ganjar, semoga sehat selalu dan sukses nanti pilgubnya,” kata bapak dua anak itu.

Menurut Khopi, kedatangan Ganjar pada Minggu (4/3/2018) malam lalu sangat berkesan, tidak hanya bagi keluarganya tapi seluruh warga Desa Balapulang.

“Tidak pernah gubernur datang ke desa kami, apalagi menginap. Biasanya kami hanya nonton di TV jadi ya terkejut sekali,” tutur buruh pelitur itu.