Ribuan Orang Hadiri Open House Ganjar di Purworejo

Spread the love

PURWOREJO – Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menggelar open house di kediamannya, Gang Aglik Utara, Kutoarjo, Purworejo, Jumat (15/6/2018). Rumah ini adalah peninggalan orang tua Ganjar setelah pindah dari Tawangmangu, Karanganyar.

Sejak pagi hingga sore, rumah itu ramai dikunjungi masyarakat setempat. Nampak pula sejumlah pejabat pemerintah kabupaten dan provinsi Jawa Tengah. Kalau dijumlah ada ribuan orang tamu.

Gelaran open house di rumah Ganjar semasa SD kelas 6 itu dimulai usai salat Idulfitri, sekitar pukul 08.00 WIB.

“Biasanya, rumah bapak ini dipakai untuk pertemuan keluarga kampung, kasepuhan. Karena bapak dulu paling sepuh di sini. Mereka (warga) sering kumpul di sini, keterusan sampai sekarang,” kata Ganjar

Dia bercerita, kali pertama pindah rumah itu dulunya belum sebagus saat ini. Atap masih berupa susunan bambu dan berdinding triplek.

“Dulu katanya ini rumahnya punya dokter. Dulu terasnya itu bentuknya seperti untuk praktek gitu. Kemudian dicicil, sampai berubah seperti saat ini. Tahun 1980-an saya pindah sini sampai SMP,” katanya.

Ada bermacam hidangan yang disajikan dalam open house. Sajian secara prasmanan (standing party), untuk sekitar 3.000-an orang.

Ada tengkleng, siomay, sate ayam lontong, dawet, martabak, dan bakso.

“Ya begini suasananya. Ramai, mereka pengen ketemu, silaturahmi. Tambah satu lagi, foto bareng,” kata Ganjar sambil tertawa.

Lebaran kali ini Ganjar menggelar empat kali open house. Setelah Purworejo, Sabtu giliran open house di rumah keluarga isterinya di Purbalingga. Kemudian Minggu membuka silaturahmi di rumah masa kecilnya di Tawangmangu, Karanganyar. Dan terakhir di rumah kontrakannya di Kota Semarang.