Reformasi Birokrasi Pemprov Akan Ditularkan ke Kabupaten Kota

Spread the love

Sejumlah program reformasi birokrasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di era Ganjar Pranowo berhasil menuai sukses dengan mendapat penghargaan penting dari pemerintah pusat. Ke depan, Ganjar akan menerapkan programnya di Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Dalam lima tahun memimpin Jateng, Ganjar telah mengubah wajah birokrasi menjadi pemerintahan bersih dan melayani. Penghargaan diperoleh dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiga tahun berturut-turut (2015, 2016, 2017) serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2017 dan 2018.

“Ini bukti kami diapresiasi, karena masyarakat tidak minta yang aneh-aneh, masyarakat cuma minta pemerintahan bersih dan ingin dilayani,” katanya dalam Deklarasi Pemenangan Partai Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo-Taj Yasin Kabupaten Batang di Gedung Korpri Batang, Minggu (11/3/2018).

Sejumlah gebrakan Ganjar yakni sistem promosi jabatan yang menggunakan proses lelang sehingga menutup peluang jual beli jabatan, pemberantasan pungli di Samsat sehingga pelayanan menjadi mudah murah cepat, dan reformasi perizinan yang meningkatkan investasi di Jateng.

“Keberhasilan ini tentunya komitmen kami untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” tuturnya.

Ke depan, Ganjar akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kota untuk mengaplikasikan program reformasi birokrasi. Aplikasi ini dibutuhkan karena  masih ada bupati walikota di Jateng yang terjaring kasus jual beli jabatan di KPK.

“Harapan kita pemerintahan bersih dan melayani ini akan menyeluruh di Jateng, rakyat yang akan menikmati layanan ini,” kata Ganjar.

Sementara itu deklarasi pemenangan dihadiri seluruh ketua partai politik koalisi pendukung dan pengusung Ganjar Yasin di Batang. Para pimpinan mengucapkan ikrar pemenangan di panggung yang disaksikan ribuan kader.

“Ikrar kebulatan tekad pemenangan Ganjar Yasin. Kami segenap pimpinan dan kader partai pengusung dan pendukung Ganjar Yasin se kabupaten Batang bertekad dengan sekuat tenaga dan upaya untuk memenangkan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maemun untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah periode tahun 2018-2023 guna terwujudnya Jawa Tengah yang penuh keberkahan dengan ridho Allah SWT, ” demikian janji mereka.