Pelantikan Diajukan, Mas Ganjar Persingkat Jadwal sebagai Relawan Bencana Lombok

Spread the love

LOMBOK –

Ganjar Pranowo mempersingkat jadwalnya sebagai relawan bencana di Lombok menjadi dua hari setelah menerima kabar pelantikan gubernur terpilih diajukan pada 5 September. Senin (3/9) siang ini
Gubernur Jateng terpilih tersebut bakal langsung terbang ke Semarang.

Ganjar Pranowo dijadwalkan menjalani relawan bencana Lombok selama tiga hari, dari Minggu (2/9) sampai Selasa (4/9). Namun pada Minggu petang dia menerima kabar bahwa pelantikan yang mulanya diagendakan pada 17 September di Istana Negara diajukan menjadi tanggal 5 September.

“Kemarin secara informal disampaikan kepada Pemprov dan saya dikabari. Tadi malam di Lombok pada saat kita ninjau bencana Pak Presiden nonton penutupan, Pak Wamenseskab menyampaikan pelantikannya maju tanggal lima. Kemudian saya konfirmasi kebetulan lagi bareng Pak Gubernur NTB dan Presiden, ya pelantikannya maju,” kata Ganjar saat dikonfirmasi melalui telepon.

Ganjar mengatakan secara formal pemberitahuan dari istana ke Pemprov bakal diterima hari ini pukul 15.00 Wib. “Hari ini sudah selesai, hari ini saya balik untuk persiapan yang di sana. Terus memastikan juga persiapan-persiapan yang ada,” katanya.

Meski jadwalnya dipersingkat Ganjar mengaku telah mengunjungi titik-titik pusat bencana dan pengungsian. Setelah keliling ke sejumlah tempat Ganjar juga menekankan agar para relawan juga membantu persebaran informasi. “Dua hari di Lombok Kita ngecek saja, distribusinya bener tidak tersampaikan kepada masyarakat. Yang penting sebenarnya saya tekankan pada siapapun, kita bisa menyampaikan tempat untuk informasi, informasi harus sampai ke masyarakat dan gampang diakses,” katanya.

Selain memuji langkah relawan pascabencana, Ganjar juga mengatakan bantuan logistik sampai saat ini masih sangat dibutuhkan. “Mereka membuat rumah-rumah hunian sementara. Saya tanya pada
mereka soal logistik, mereka memang butuh bantuan-bantuan logistik,” katanya.

Selama menjadi relawan Ganjar mengaku banyak berkoordinasi dengan sejumlah relawan, khususnya dari Jateng. Ganjar mengatakan hari ini tim relawan Jateng akan memberikan bantuan ke Provinsi di NTB.

“Maka saya ketemu PMI, kemudian saya ketemu mahasiswa KKN UGM, UNS bahkan dari UI, juga dari ikatan alumni dengan gubernur juga sudah ketemu dengan menteri-menteri, dengan pak presiden juga sempat berbincang-bincang. Hari ini saya puter-puter saya percepat. Harusnya pulang besok,” katanya.

Jika menilik pada jadwal pelantikan tanggal 17 September, beberapa agenda sebenarnya telah disiapkan Ganjar. Meskin akan dilantik di Jakarta, Ganjar bakal menggelar tasyakuran dan pengenalan Gus Yasin kepada masyarakat di Jawa Tengah.

“Kalau rencana dulu pelantikan tanggal 17 September dan 18 mengadakan acara salawatan sekaligus mengenalkan Gus Yasin secara resmi kepada masyarakat. Setelah perubahan ini kita lihat saja nanti,” tandasnya.