Pelaku UMKM Jateng Didorong Manfaatkan “Lapak Ganjar”

Spread the love

SEMARANG – Ingin memperluas pemasaran produk tapi relasinya itu-itu saja? Anda warga Jawa Tengah, bisa mencoba memanfaatkan “Lapak Ganjar” di akun instagram Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Ya, Gubernur Ganjar Pranowo konsisten terus berupaya membantu pengembangan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayahnya. Salah satu caranya, membantu pemasaran produk UMKM asli Jateng, dengan membuka “Lapak Ganjar” melalui tampilan Instagram story di akun milik orang nomor satu di Jateng ini.

 

Tujuannya supaya warga bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan barang jualannya dengan mudah dan harapannya akan terjual laris-manis. Meski program kreatif tiap Minggu ini baru kali kedua digelar, sejumlah UMKM sudah merasa terbantu.

 

Melihat potensi tersebut, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Jawa Tengah berupaya mendorong para pelaku UMKM bisa ikut ambil bagian, dengan cara memanfaatkan program #LapakGanjar tersebut. Mereka membagi publikasi program itu kepada UKM per sektorya.

 

“Kami kan punya group WA (WhatsApps) asosiasi UKM per sektor, ya saya share ke mereka,” kata Kepala Dinkop UKM Jawa Tengah, Emma Rachmawati dihubungi via telepon, Selasa (21/7/2020).

 

Emma memperkirakan jika pelaku UMKM kemungkinan baru minggu depan akan berbondong-bondong memanfaatkan program tersebut. Dia menilai inovasi pemasaran tersebut bagus dan bermanfaat mengingat banyaknya pengikut akun @ganjar_pranowo.

 

“Karena follower pak Ganjar hampir 3 juta orang yang melihat, dan sampai LN (luar negeri),” ucapnya.

 

Agar bisa berpartisipasi dengan bagus, Emma meminta pelaku UMKM menyiapkan diri secara bagus dan matang. Termasuk di antaranya menyiapkan foto produk dan narasi yang bagus.

 

“Yang jelas UKM buat kesan produknya bagus, saat meng-upload foto produk. Beri narasi yang menarik tentang UKM dan produk, serta harga,” imbuhnya.

 

Pantauan di akun Instagram Ganjar, tampak ratusan warganet mendukung langkah tesebut. Terutama, mereka para pelaku UMKM di Jawa Tengah, maupun mereka para pelanggan produk dari daerah Jawa Tengah.

 

Gubernur Ganjar mengatakan pihaknya memang sengaja membuat program #LapakGanjar supaya para pelaku usaha di Jawa Tengah bisa berkembang. Terutama mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

 

“Lapak Ganjar ini, sebenarnya saya hanya mencoba, agar kira-kira follower saya 2,8 juta itu, kalau ada 100 ribu, ada 10 ribu orang membaca,” katanya. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

 
2020-07-21 15:04:12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *