Nikmati Garang Asem Kudus, Mas Ganjar: Pedesnya Bikin Ngantuk Hilang

Spread the love

KUDUS – Kuliner memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam berbagai kesempatan, pria berambut putih ini selalu menyempatkan diri mampir ke warung-warung makan untuk berburu kuliner yang khas.
Seperti saat hendak mendampingi Presiden Joko Widodo di Rembang, Jumat (1/2), Ganjar menyempatkan diri mampir di Warung Makan Garang Asem Sari Rasa di Kudus. Didampingi istri, Siti Atikoh, Ganjar mencecap segarnya Garang Asem ayam yang memang menjadi kuliner andalan Kota Kretek itu.
Seperti biasa, sambil menikmati menu makan siangnya itu, Ganjar menyempatkan diri untuk ngevlog. Kebiasaan itu rutin ia lakukan sebagai salah satu promosi kuliner Jawa Tengah kepada masyarakat luas.
“Ini Garang Asem Kudus, uwenak tenan. Ini enak karena pedesnya khas, tomatnya banyak, cabenya banyak dan kuahnya segar. Saya paling senang Garang Asem Kudus karena beda dengan yang lainnya,” ucapnya.
Garang Asem di hadapannya langsun ia buka dan dipamerkan. Seolah menggoda, ia pun menyeruput kuah Garang Asem itu sambil mengacungkan jempolnya.
“Gurih, enak. Pedesnya mantap, seperti ada sengatannya. Ngantuknya jadi hilang. Pokoknya top. Yang belum makan siang, coba ke sini, di Garang Asem Sari Rasa Kudus,” pamernya.
Garang Asem Sari Rasa Kudus memang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Sejumlah tokoh negeri ini hingga kalangan artis kerap mampir untuk menyeruput kuah Garang Asem yang nikmat.
“Di sini memang menu andalannya Garang Asem. Tapi selain itu, ada pula menu lain seperti Tahu Campur, Soto Kudus, Ayam Goreng, aneka Ramesan dan lain sebagainya,” kata Maemundah,33, salah satu karyawan di Garang Asem Sari Rasa Kudus.
Maemunah menerangkan jika Garang Asem Sari Rasa sudah memuaskan lidah pecinta kuliner sejak puluhan tahun.
“Pusatnya ada di Jl Agil Kusumadya, kalau yang di Jl Kudus-Pati ini cabangnya,” terangnya.
Satu porsi Garang Asem Sari Rasa lanjut Maemundah dibanderol dengan harga Rp28.000. Jika dinikmati dengan sepiring nasi dan satu gelas es teh, pelanggan hanya harus membayar Rp37.000 saja.
“Kami juga menyediakan aneka minuman segar seperti es Teler, aneka jus, es Kelapa Muda dan sebagainya,” tutupnya.