Mesranya Mas Ganjar dan Pimpinan Muhammadiyah

Spread the love

Mesranya hubungan Ganjar Pranowo dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng menular ke daerah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wonogiri juga nampak dekat, sepaham, dan satu visi dalam mewujudkan pembangunan di Jateng.

Hal itu terlihat ketika Ganjar bersilaturahmi dengan para pengurus PD Muhammadiyah Wonogiri di Kantor PKU Muhhamadiyah Wonogiri, Rabu (21/3/2018). Calon Gubernur Jateng nomor urut satu tersebut berkesempatan berkeliling gedung rumah sakit yang masih baru tersebut.

“Luasnya 6000 meter persegi pak gub, belum beroperasi, kita masih menunggu izin dari pemkab,” kata Ketua PD Muhammadiyah Wonogiri KH Kusman Thoha.

“Tenang saja, nanti tak matur Pak Jekek (Bupati Wonogiri Joko Jekek,” kata Ganjar, disambut tawa Kusman.

Gayengnya suasana juga terlihat saat dialog. Selain pengurus PD, hadir juga para kepala sekolah lembaga pendidikan Muhammadiyah dari TK, SD, SMP dan SMA. Hadir juga pendiri sekaligus mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Wonogiri Subandi PR.

“Intinya blak-blak’an saja, saya yakin pak Ganjar nanti tidak melupakan kami di sini,” kata Subandi.

Selama satu setengah jam dialog berlangsung penuh canda tawa. Beberapa aspirasi yang muncul yakni bantuan fasilitas pendidikan dan bantuan untuk panti asuhan yang dikelola ibu-ibu Aisyiah.

Ganjar menyampaikan, ada banyak sumber bantuan yang bisa diakses selain APBD. Diantaranya CSR perusahaan dan zakat ASN Pemprov yang dikelola Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Jateng.

Dana dari zakat ini memang diarahkan untuk bantuan lembaga keagamaan, pendidikan, dan sosial.

“Kalau tempat ibu butuh saya bisa bantu tidak usah nunggu APBD, bisa besok pagi. Selain filantropi dari masyarakat yang ingin terlibat,” katanya.

Kepada wartawan usai acara, Ganjar mengulang pernyataan Subandi yang menurutnya sebagai pesan untuk tetap menjaga silaturahmi di masa mendatang.

“Antara Muhamadiyah Wonogiri dengan kami tadi berceritanya begini ‘kita tidak akan saling melupakan ya’,” ujarnya.