Mas Ganjar Bantu Periksakan Mata Sudirman

Spread the love

TEGAL – Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi rumah Sudirman (30), penyandang disabilitas, di Desa Sidomulyo RT 1 RW 5, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Kamis (31/5/2018). Dirman hanya tinggal berdua bersama ibunya, Masriah (80). Keduanya sama-sama mengalami gangguan penglihatan.

Rumah Dirman sebenarnya sudah tembok bata. Namun karena lama tak dirawat rumah itu nampak kumuh. Beberapa bagian tembok nampak retak dan mengelupas. Bagian atap terhias banyak jaring laba-laba.

Dirman mengaku tak bisa melihat dengan jelas sejak kecil. Orang di depannya hanya bisa dilihat secara samar. Namun dengan begitu pun ia tetap bisa merawat dan memenuhi kebutuhan ibunya. Dari makan hingga mencuci pakaian.

“Yang masak ya saya, nyuci. Berasnya dari kelurahan sebulan sekali (raskin), kadang dikasih tetangga,” katanya.

Masriah sendiri adalah janda beranak tiga. Selain gangguan penglihatan, usia juga menggerus pendengarannnya. Dirman merupakan anak bungsunya. Dua anak Masriah lainnya sudah berkeluarga, tinggal di luar kota.

Duduk di pinggir dipan Masriah, Ganjar berbincang dengan keduanya.

“Sudah sejak SD kelas 4 saya begini, dulu karena sakit radang nggak tau kok jadi kena mata, dulu masih lumayan bisa lihat semakin tua semakin gelap,” jelas Dirman yang akhirnya tidak lulus SD itu.

Ganjar Pranowo pun menawari pengobatan mata untuk Sudirman. Penyandang tuna netra itu secepat kilat menerima tawaran Ganjar.

“Yowes, bariki langsung prikso. Sak marine, mugo-mugo ndang biso ndelok. Mas Iqbal, tulung Mas Dirman mengko diterke prikso ya (Yasudah, setelah ini langsung periksa. Sampai sembuh, semoga segera bisa melihat. Mas Iqbal, tolong Mas Dirman nanti diantar periksa ya),”kata Ganjar ke Iqbal, tetangga Sudirman.

Sejurus kemudian, Ganjar menelepon Pjs Bupati Tegal, Sinoeng Noegroho Rachmadi.

Pria berambut putih itu menyampaikan ada keluarga penyandang disabilitas nan miskin yang membutuhkan bantuan.

“Tolong dibantu ya mas (Sinoeng). Ini saya sedang dengan mereka, di rumah mereka,”kata Ganjar dalam percakapan telepon dengan Sinoeng.

Ganjar pun akan memperbaiki rumah tinggal ibu anak itu, agar layak huni. Kondisi saat ini, rupa kerangka atap tampak rapuh. Dinding pula banyak yang sudah retak.

“Kami nanti juga akan melatih mas Dirman, setelah bisa melihat secara jelas. Entah buka warung atau bikin kerajinan. Supaya dia bisa mandiri sambil merawat ibunya,”imbuh Ganjar.