Mas Ganjar: Anggota Pramuka Harus Konsisten Amalkan Dasa Dharma

Spread the love

Mas Ganjar berpesan agar seluruh anggota pramuka konsisten mengamalkan setiap butir Dasa Dharma. Selain menjadi inspirator, praja muda karana harus mampu menjadi corong utama dalam memperkuat jalinan keberagaman di tanah air.

Sepuluh butir Dasa Dharma merupakan saripati bagai seseorang dalam menjalani kehidupan, terlebih dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia. Bagi Mas Ganjar gerakan Pramuka cukup ampuh dalam menempa diri untuk menghadapi perubahan dan peradaban agar mampu beradaptasi.

“Dengan konsisten dalam mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, bangsa dan negara Indonesia bisa menjadi bangsa dan negara yang besar,” kata Mas Ganjar yang menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT Pramuka ke-57 di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Semarang, Senin (13/8) malam.

Dasa Dharma merupakan sepuluh sikap yang harus dimiliki seorang Pramuka. Yang berbunyi:

– Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
– Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
– Patriot yang sopan dan kesatria
– Patuh dan suka bermusyawarah
– Rela menolong dan tabah
– Rajin, terampil dan gembira
– Hemat, cermat dan bersahaja
– Disiplin, berani dan setia
– Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
– Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Mas Ganjar kemudian menyitir butir ke sepuluh dari pegangan hidup Pramuka tersebut, Suci dalam Pikiran, Perkataan maupun Perbuatan. Menurut Mas Ganjar, butir terakhir Dasa Dharma tersebut mengandung konsistensi yang harus diterapkan dalam kehidupan, sejak dari pikiran.

“Bangsa dan negara ini akan terus menjadi bangsa dan negara yang besar, kalau kemudian anak-anak bangsa ini betul-betul bisa mengamalkan Dasa Dharma Pramuka. Tugas kita adalah konsisten seperti satunya pikiran, perkataan, dan perbuatan, sehingga keluhuran dari gerakan ini akan bisa kita tunjukan kepada seluruh masyarakat yang ada ditanah air dan seluruh dunia,” katanya.

Gerakan Pramuka menurut Mas Ganjar harus bisa terus berpikir maju ke depan dan membuat ide-ide kreatif dalam menciptakan anak-anak muda yang berkarakter. Ganjar juga berharap momentum HUT Pramuka ke-57 ini bisa menjadi wahana untuk memperkokoh kebhineka-tunggal-ikaan, sehingga bisa merealisasikan tema Hari Pramuka di tahun ini, yaitu “Pramuka sebagai pererat NKRI”.