Lepas CSPM, Ganjar Beri Tema Persatuan dan Perdamaian

Spread the love

Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas ribuan peserta Canon Semarang Photo Marathon (CSPM) 2019 di Auditorium Imam Barjo Undip Pleburan Semarang, Minggu (28/4/2019). Pada kesempatan itu, Ganjar menantang para peserta untuk mengambil foto dengan tema persatuan dan perdamaian.

Tema persatuan dan perdamaian muncul secara spontan saat Ganjar diminta memberikan tema lomba untuk kategori mahasiswa oleh panitia. Ganjar menerangkan, tema itu yang sangat relevan saat ini, karena saat Pemilu lalu masyarakat Indonesia sempat terpecah karena perbadaan pilihan politik.

“Tema persatuan dan perdamaian ini sangat relevan saat ini. Kalau kemarin ada yang dukung satu, ada yang dukung dua, sekarang satu dan dua bersatu dan jari tiganya diangkat, jadinya persatuan Indonesia (merujuk pada sila ketiga Pancasila),” kata Ganjar.

Menurut suami Siti Atikoh ini, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menebarkan perdamaian dan persatuan. Bagi komunitas fotografer, cara yang paling tepat adalah dengan mengunggah foto-foto yang mencerminkan persatuan dan perdamaian.

“Mudah-mudahan, melalui foto-foto dari komunitas fotografer ini bisa membuat suasana menjadi adem. Masyarakat kembali bahagia, bersatu dan semakin optimistis menatap masa depan,” ucapnya.

Tak hanya Ganjar, panitia juga meminta istri Ganjar, Siti Atikoh Ganjar Pranowo memberikan tema untuk kategori umum. Dalam kesempatan itu, Atikoh memberikan dua tema, yakni tentang perempuan dan mencintai alam.

“Tema perempuan karena ini masih bulan April, kita baru saja memperingati Hari Kartini. Silakan berlomba mencari gambar terbaik tentang kiprah para perempuan di Indonesia. Sementara tema kedua tentang cinta alam, ini juga penting untuk mengkampanyekan kepedulian lingkungan kepada masyarakat,” ucapnya.

Di lain sisi, Ketua Panitia CSPM, Sutomo mengatakan, kegiatan CSPM merupakan agenda rutin yang digelar di Kota Semarang. Untuk kegiatan tahun ini, merupakan gelaran yang kelima. “Antusiasme peserta begitu tinggi. Tahun ini, tercatat ada 1.810 peserta yang mengikuti ajang ini,” kata dia.

Antusiasme peserta, lanjut dia, tidak terlepas dari dukungan pemerintah, yakni Pemkot Semarang dan Pemprov Jateng. Untuk itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang ikut mendukung pelaksanan lomba tersebut.

“Pak Gubernur ini tidak hanya ganteng, tapi juga peduli dengan anak-anak milenial seperti kita. Jadi mari kita dukung pembangunan-pembangunan yang ada di Jawa Tengah dengan keahlian kita masing-masing. pungkasnya. (Bw, Humas Jateng)


2019-04-29 06:19:24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *