Kucurkan Bantuan di Batang, Ganjar Wanti-wanti Transparansi

Spread the love

Batang – Usai menyerahkan bantuan untuk Kabupaten Kendal, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melanjutkan roadshow untuk menyerahkan bantuan Pemprov Jateng di Kabupaten Batang, Kamis (11/4/2019). Kepada penerima, Ganjar mewanti-wanti agar bantuan digunakan dengan transparan.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Pendapa Kabupaten Batang sebelum azan asar berkumandang. Bantuan diberikan pada Pemkab, lembaga maupun perseorangan yang digunakan untuk menggarap berbagai sektor, mulai pendidikan hingga usaha kecil menengah.

“Masyarakat jadi tahu apa sih yang diprogramkan dan dikerjakan oleh pemerintah. Karena selama ini tidak ada yang tahu duit APBD, APBN dan APBDes ini untuk apa saja dan akhirnya masyarakat tahu. Ternyata ada tho bantuan untuk orang tua, untuk guru ngaji, untuk siswa ataupun untuk usaha,” kata gubernur.

Ditambahkan, pada tahun anggaran 2018, dana sekitar Rp170 miliar dikucurkan Pemprov Jateng untuk Kabupaten Batang. Sementara untuk triwulan pertama tahun ini diserahkan Rp74 miliar. Ganjar mengatakan, bantuan tersebut tidak hanya untuk pembangunan fisik, namun juga pengembangan sumber daya manusia. Diharapkan pemerintah desa juga melakukan upaya serupa.

“Kalau bangunan jalan dan jembatan itu kan biasa. Orang tahunya seolah-olah hanya bangunan fisik. Padahal bangunan manusia juga kita lakukan, agar terjadi keseimbangan. Kalau begitu relasi sesama jadi baik. Ini juga untuk clearance jika ada keluhan baik itu dari masyarakat, kepala desa maupun bupati. Data kemiskinan harus kita perbarui. Siapa yang bertanggungjawab? Pak Kepala Desa,” terang mantan anggota DPR RI ini.

Karena besarnya dana yang dikelola, Ganjar berharap penerimanya mengelola dengan transparan agar jadi pembelajaran bagi masyarakat. Terlebih, Kabupaten Batang telah meraih predikat baik dari Kemenpan RB terkait penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Tolong pekerjaannya harus transparan, hindari korupsi, pungli (pungutan liar), jaga kualitas. Alhamdulillah Batang keren. Kemarin ketika ada penghargaan dari Kemenpan RB sistem pemerintahan berbasis elektronik satu-satunya Batang. Statusnya baik. Kalau provinsi juaranya Jawa Tengah. Jadi kita berdua kemarin menerima penghargaan itu. Maka rakyat diajari untuk mengelola secara transparan dan bersih, kualitasnya baik,” bebernya.

Kalau hal itu baik, transparan, dan pelayanan prima, lanjut dia, pertumbuhan di daerah akan luar biasa. Ganjar juga yakin investor yang akan masuk pun merasa senang. “Karena nggak pernah merasa akan diperas atau kena pungli. Kalau itu baik, pasti ujungnya yang menikmati masyarakat,” ujarnya.

 

Penulis : Ib, Humas Jateng

Editor: Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2019-04-11 11:17:52

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *