Kirim Buku ke Papua, Mas Ganjar Ajak Warga Jateng Berbagi Literasi

Spread the love

Mas Ganjar Pranowo mengirim sejumlah buku ke taman bacaan Perahu Pustaka Papua Barat di Jl Sufado Pasir Putih Manokwari Papua Barat. Buku dikirimkan lewat PT Pos Indonesia secara gratis melalui program pengiriman buku gratis ke daerah-daerah pelosok.

Buku bacaan yang dikirim antara lain buku yang mengulas tentang filateli, hobi mengumpulkan perangko dan benda pos lainnya yang biasanya digemari para siswa maupun kalangan orang tua. Pengiriman buku secara simbolik diserahkan Ganjar kepada Kepala Kantor Pos Purworejo Iwan Gunawan S pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV dan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kompleks Alun-Alun Kabupaten Purworejo, Rabu (25/7/2018).

“Ini sesuai dengan yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 17 Mei 2017 lalu, yakni program pengiriman buku gratis untuk membantu saudara-saudara kita terutama yang ada di daerah pelosok,” katanya.

PT Pos Indonesia memang memiliki program pengiriman buku gratis ke seluruh pelosok tanah air yang berlaku setiap tanggal 17. Pengirim merupakan pegiat literasi dan donatur buku yang akan menyumbangkan buku kepada pengelola Taman Bacaan masyarakat di seluruh Indonesia. Berat kiriman hingga 10 kg untuk sekali pengiriman.

Mas Ganjar mengatakan program yang dicetuskan presiden tersebut sebagai upaya memupuk kepedulian masyarakat untuk memperkaya pustaka saudara yang tinggal di pedalaman atau pinggiran. Pasalnya, mereka masih sulit mengakses buku fisik ke toko buku karena jaraknya yang jauh dan harga buku yang mahal.

“Ayo masyarakat Jawa Tengah ikut kirim buku untuk saudara-saudara kita, apalagi kan gratis kirimnya,” tambahnya.

Kepala Kantor Pos Purworejo Iwan Gunawan S mengatakan masyarakat bisa mengirim buku secara gratis hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Ongkos kirim dari pengiriman buku itu ungkapnya dibayarkan dari CSR BUMN. “Maksimal 10 kilogram dan tujuannya taman bacaan atau lembaga literasi, sebagain besar ke wilayah Indonesia bagian timur,” ujarnya.