Kepala Desa ini Ungkapkan Efek Positif Kepemimpinan Ganjar

Spread the love

SUKOHARJO – Calon Gubernur Jateng petahana Ganjar Pranowo menemui ratusan warga di Desa Sanggung RT 3 RW 4, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (25/4/2018) siang. Pertemuan itu diadakan di jalan akses pertanian, yang kanan dan kirinya area persawahan.

Kepala Desa Sanggung Sri Hartini mengungkapkan, desanya berkembang pesat lima tahun belakangan ini saat Ganjar memimpin Jawa Tengah.

“Seperti jalan desa ini (tempat yang digunakan pertemuan) yang dibangun dari dana bantuan keuangan provinsi. Jalan ini dibuat untuk memudahkan akses petani mengangkut hasil pertanian. Jalan ini dibangun dua tahun lalu,” kata Sri Hartini.

Sri Hartini juga mengungkapkan pada tahun 2018 ini Desa Sanggung mendapatkan alokasi bantuan keuangan desa sebesar Rp 50 juta. Tahun sebelumnya, menurut Sri Hartini, dana desa sebesar Rp 30 juta.

“Pak Ganjar selalu memberi motivasi kepada kami untuk mengelola dana desa secara baik dan maksimal. Program ‘Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng’ juga dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat, terutama kaum ibu yang sedang hamil,” ungkapnya.

Masyarakat Desa Sanggung yang berjumlah 750 kepala keluarga (Kk) dan 2.750 jiwa, menurut Sri, juga berkembang UMKM-nya. “Pengrajin-pengrajin kecil mulai muncul dan tumbuh sejak kepemimpinan Pak Ganjar,” terangnya.

Tak cuma kepala desa saja, hampir seluruh warga desa Sanggung dan desa-desa di kecamatan Gatak, Purworejo, sangat mendukung Ganjar. Pada Pilgub 2013 lalu, perolehan suara Ganjar di Sanggung mencapai 93 persen. Sedangkan desa-desa di sekitarnya antara 85 hingga 91 persen.

Sementara itu, warga lainnya, Sulanjar kepada Ganjar Pranowo meminta kartu tani. untuk tidak dihentikan. “Kami sudah bisa merasakan manfaat kartu tani karena petani mendapatkan jaminan bisa mendapatkan jatah pupuk bersubsidi. Kami ingin pendataan kartu tani diteruskan,” katanya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan bila dana desa mesti dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat secara bersama. “Pesan saya, kalau ada musyawarah desa silahkan ikut dan mengusulkan pembangunan bagi desa. Potensi wisata desa mesti digali dan dikembangkan bersama-sama,” ungkap Ganjar.