Kelola Teknologi Pemprov Jateng Terbaik

Spread the love

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai Pemerintah Daerah Terbaik I dalam Bidang Pemanfaatan Teknologi Informasi Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan dan Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2018.

Pengumuman perolehan nilai terbaik disampaikan pada puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 61 Lembaga Aparatur Negara Republik Indonesia (LAN RI) di kantor LAN Jl veteran No 10 Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018). Penghargaan diterima Plt Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum dan diserahkan langsung Kepala LAN RI Adi Suryanto.

Plt Kepala BPSDMD Riena Retnaningrum mengatakan diperolehnya penghargaan ini karena adanya terobosan pemanfaatan teknologi yang dilakukan BPSDMD Provinsi Jateng. Pada penyelenggaraan diklat untuk meningkatkan kompetensi ASN, terdapat 21 aplikasi yang disediakan dan sudah ada 10 yang bisa langsung dimanfaatkan. Aplikasi itu digunakan untuk identifikasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

“Pemanfaatan teknologi informasi di BPSDMD ini sudah dirintis sejak lama dan sesuai dengan program reformasi birokrasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pemanfaatan aplikasi ini mulai maksimal pada tahun 2017. Harapannya dengan techno training center akan memudahkan banyak hal pada proses diklat,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (7/8/2018).

Riena mengatakan, meski menjadi yang terbaik I tingkat nasional namun pihaknya terus memperbaiki berbagai pelayanan. Ia mengatakan ada masukan dari LAN yang menjadi catatan antara lain terkait evaluasi tim manajemen, perbaikan perencanaan serta tentang akses masyarakat.

“Ini menjadi rintisan untuk mewujudkan Jateng Corporate University yang bertujuan mengembangkan kompetensi inti semua ASN di Provinsi Jawa Tengah dan bersinergi dengan semua pihak termasuk kabupaten/kota,” terangnya.

Sebelum pemberian penghargaan, Riena mengatakan telah dilaksanakan presentasi dan penjurian dalam rangka penilaian penghargaan lembaga pelatihan pemerintah berprestasi pada Selasa 31 Juli 2018. Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi peringkat I dengan nilai 85,75 disusul Provinsi Jawa Barat di peringkat II dengan nilai 79,75 dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada peringkat III dengan perolehan nilai 78,75. Sedang pada posisi ke IV yakni Provinsi Jawa Timur dan posisi ke V diraih Provinsi Kalimantan Barat.

Pada tahun 2017 lalu, BPSDMD Provinsi Jateng juga mendapat penghargaan sebagai terbaik I dalam kategori Pemda Penyelenggara Diklat Kepemimpinan dan Prajabatan. Di tahun 2017 itu, BPSDMD Provinsi Jawa Tengah berhasil menyingkirkan nominator lainnya yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Papua.

Penerimaan penghargaan ini diapresiasi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ia mengatakan BPSDMD diharap terus berinovasi dan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan pengembangan kompetensi ASN di Jawa Tengah pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

“BPSDMD perlu melibatkan tokoh-tokoh nasional dan internasional dalam memberikan materi kepada peserta diklat sehingga memiliki wawasan luas dan berkompeten,” ujarnya.