Keliling Klaten, Ganjar Bicara Pengembangan Ekonomi Kreatif

Spread the love

Gubernur Jateng nonaktif Ganjar Pranowo mengunjungi sejumlah tempat di Klaten, Minggu (1/4/2018). Pengembangan ekonomi kreatif menjadi perhatiannya mengingat potensi besar yang ada di kota berjuluk kabupaten penangkar burung nasional ini.

Potensi besar Klaten, menurut Ganjar sudah dibuktikan dengan keberhasilan Umbul Ponggok yang penghasilannya mencapai Rp 10 miliar pertahun. Objek wisata yang dikelola Bumdes setempat itu kini menjadi barometer wisata rakyat Nasional.

“Bukit Cinta ini menarik sebagai wisata baru penghasilan bersihnya minimal sudah Rp 70 juta perbulan, dengan manajemen yang baik saya kira ke depan akan berkembang pesat,” katanya ketika mengunjungi Objek Wisata Bukit Cinta Watu Prahu, Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Klaten.

Penataan lanskap menjadi perhatian Ganjar dalam mengembangkan wisata alam seperti Bukit Cinta. Selain itu wahana yang sekarang ada harus dilakukan audit keselamatan (safety audit).

Di Bukit Cinta, Ganjar sempat mencicipi dawet bersama ratusan wisatawan. Kuliner khas tersebut menurutnya harus ada sebagai suguhan wajib untuk memberi nilai tambah keunikan wisata.

“Wisatawan akan mendapat pengalaman yang sempurna karena tempatnya khas, makanannya khas dan harganya tidak mahal,” ujarnya.

Pada Deklarasi Tim Pemenangan Klaten di GOR Gelarsena, soal ekonomi kreatif kembali ia singgung. Klaten dan Solo Raya seluruhnya, kata Ganjar, sudah ditetapkan sebagai kawasan industri kreatif. Ia mendorong pembukaan kawasan wisata, industri kerajinan, dan kuliner khas yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Nanti kita dampingi, silahkan soal pendanaan bisa bekerjasama dengan perbankan atau Bank Jateng,” katanya.

Dalam deklarasi tersebut hadir 5000 kader PDIP ditambah lima partai pendukung lain, yakni Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Ketua DPC PDIP Klaten Sunarna menyatakan, Klaten telah bersepakat pada target kemenangan lebih dari 75 persen. Ia meminta seluruh kader menyosialisasikan Ganjar Yasin lewat kegiatan silaturahmi ke lingkungannya.

“Silaturahmi ke tetangga, kades, lurah, RT, RW semua disowani. Insyaalah target bisa kita raih,” katanya didampingi isterinya yang juga Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dari GOR, Ganjar meluncur ke Alun-alun Klaten. Di sana sudah menunggu ratusan orang dari beberapa komunitas. Seperti Paguyuban Pedagang Kaki Lima, Paguyuban Kereta Wisata, dan Dulur Ganjar Klaten.

Namun karena kawasan tersebut tidak boleh untuk kampanye, Ganjar pun tak lama. Ia hanya ngobrol informal dengan beberapa perwakilan komunitas dan diakhiri foto bersama.