Jelang Hari Santri, Ganjar Gelar Jateng Bershalawat Virtual

Spread the love

SEMARANG – Gema selawat yang dikumandangkan Habib Zainal Abidin bin Sagaf Assegaf berkumandang di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (21/10) malam. Meski melalui virtual, namun acara Jateng Bershalawat itu tetap khidmat.

Ganjar yang tak bisa datang secara langsung ke tempat acara, di Pondok Pesantren Balekambang Jepara, mengikuti secara virtual di rumah dinasnya. Mengenakan koko putih, sarung batik dan berpecis hitam, Ganjar sesekali terlihat ikut menyanyikan lagu-lagu shalawat yang dibawakan.

Selain Ganjar, acara Jateng Bershalawat yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari santri itu, juga diikuti oleh ribuan masyarakat lainnya. Mereka menyaksikan melalui live streaming di kanal youtube, facebook dan instagram Ganjar. Tak hanya masyarakat Jawa Tengah, tapi peserta juga datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari mancanegara.

“Kediri hadir pak, Yogya ikut bershalawat pak, Makassar. Hongkong hadir Pak, Jerman hadir, Polandia ikut shalawatan Pak,” tulis para peserta di kolom komentar.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan Jateng Bershalawat merupakan salah satu ikhtiar dalam penanganan pandemi. Selain ikhtiar lahir, doa dari para alim ulama menjadi pendorong utama.

“Ini ikhtiar kita bersama. Alhamdulillah, Covid-19 sudah melandai. Mudah-mudahan, kita bisa sampai garis finish dengan selamat. Berkat shalawat, Corona minggat,” katanya.

Ganjar menerangkan, saat ini kondisi pandemi di Indonesia banyak yang sudah membaik. Sejumlah daerah bahkan menjadi nol kasus.

“Jateng sendiri sekarang kasusnya hanya dua digit, kita dorong lagi supaya bisa satu digit saja. Mudah-mudahan bisa berhasil. Vaksinasi kita dorong terus, mudah-mudahan sebentar lagi kita bisa menyelenggarakan acara apapun termasuk keagamaan seperti ini seperti sebelumnya,” ucapnya.

Ganjar mengatakan sangat rindu menggelar Jateng Bershalawat seperti sebelum pandemi. Di mana ada puluhan ribu masyarakat hadir dan berselawat bersama.

Jateng Bershalawat malam ini, lanjut Ganjar, sangat berarti. Selain dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad, gelaran ini juga digelar menjelang peringatan hari santri.

“Besok hari santri, kita akan memperingati dengan semangat juang bersama. Ulama, umaro bersatu untuk melanjutkan spirit santri dulu. Kita ingat, bagaimana kaum sarungan, para santri membela sang Saka Merah Putih. Berbagai tokoh berjuang dalam resolusi jihad dengan spirit nasionalisme,” terangnya.

Dengan peringatan hari santri ini, Ganjar mengajak agar semangat kebangsaan makin berkobar. Spirit hari santri, harus didorong dalam tindakan yang nyata dan konkret.

Sementara itu, Habib Zainal Abidin bin Sagaf Assegaf sebelum memimpin selawatan mengatakan, dirinya sudah rindu selawatan bareng Ganjar dan ribuan masyarakat seperti dulu. Dengan kondisi yang membaik, harapannya Jateng Bershalawat bisa segera digelar seperti sebelum pandemi.

“Saya itu sudah rindu shalawatan bareng pak Ganjar. Masih ingat betul, saat shalawatan bareng beliau di Simpanglima bareng ribuan masyarakat. Semoga Indonesia segera pulih agar kita bisa bertemu lagi,” ucapnya. (Humas Jateng)

 


2021-10-21 23:10:54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *