Jadi Warga Kehormatan, Ganjar Ingin Kampung Kauman Edukasikan Sosial dan Agama

Spread the love

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat penghargaan sebagai warga kehormatan di Kampung Alquran Kauman Semarang. Penghargaan tersebut diberikan atas jasanya dalam memimpin Jawa Tengah serta membina para Qoriq dan melestarikan Alquran. 

“Atas jasa bapak gubernur dalam memimpin Jateng termasuk di dalamnya membina para qoriq dan hafidz serta melestarikan Alquran, maka warga Kauman Kampung Alquran memberikan penghargaan kepada Bapak H Ganjar Pranowo sebagai warga kehormatan Kauman Kampung Alquran. Semoga bapak gubernur berkenan menerimanya,” kata KH Hanif Ismail selaku Pembina Ponpes Roudlotul Quran dan tokoh masyarakat Kampung Alquran Kauman di sela acara Khataman Alquran Bilghoib di halaman Masjid Agung Kauman Semarang, Sabtu (21/12/2019) malam.

Dalam acara tersebut, para wisudawan dan wisudawati Khataman Alquran Bilghoib juga mendapatkan bantuan prestasi. Penyerahan bantuan dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara simbolis kepada perwakilan wisudawan dan wisudawati.

Menurut Gubernur Ganjar, Kampung Alquran Kauman dan Masjid Agung Kauman Semarang mampu mengedukasi tentang keagamaan sekaligus membentuk karakter anak bangsa. Ia berharap warga Kampung Alquran Kauman ikut mengedukasi masyarakat sekitar tentang persoalan kemasyarakatan.

“Sebagai Hafidz dan Hafidzoh di Kampung Alquran, kita harus menunjukkan perilaku yang baik dan bisa memberikan pemahaman-pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan toleransi. Dengan masuk ke persoalan masyarakat maka relasi masyarakatnya akan adem. Ini mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk semuanya,” kata Ganjar.

Selain itu, lokasi Masjid Agung dan Kampung Alquran Kauman yang berada di dekat Pasar Johar merupakan daya tarik tersendiri. Menurut Ganjar, Masjid Kauman menarik karena di depannya pasar yang sedang dibangun dengan tatanan yang lebih indah dan cantik. Ia bermimpi kawasan Kauman Semarang kelak akan menjadi tujuan edukasi dan wisata tentang sosial kemasyarakatan dan agama.

“Mimpi kami setelah pasar tertata, ekonomi tumbuh, area ini sangat bersih, sebagai kampung Alquran bisa disampaikan dengan cara menarik. Fisiknya menarik dan nanti akan menjadi destinasi wisata. Orang akan datang ke sini ya belanja, ya ngaji, dan melihat Islam rahmatan lilalamin itu ada di Kauman ini,” harap Ganjar. (Humas Jateng)

2019-12-22 00:58:33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *