Ini Pesan Ganjar untuk Ketua OSIS se-Indonesia

Spread the love

SEMARANG – Ketua OSIS SMA dan SMK seluruh Indonesia berkumpul di Gedung Prof Soedarto SH Kampus Undip, untuk mengikrarkan dirinya sebagai pemuda penerus kepemimpinan bangsa Indonesia, Minggu (10/11/2019) siang.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun memberikan pesan-pesannya kepada mereka. Di antaranya, untuk menjadi pemimpin, kaum muda harus berani mendobrak, tidak boleh lelah, tidak boleh lupa, dan harus bersatu.

“Menteri Pak Jokowi sekarang ini memiliki daya dobrak berdasarkan pengalamannya. Hari ini, orang yang sekolah, tidak selalu bisa bekerja, tetapi berdasarkan pengalamannya,” ujar gubernur.

Ganjar menyebutkan, pada 2045, jumlah penduduk Indonesia urutan lima sedunia, yang angkanya mencapai 317.657.792. Tekanan dunia pun meliputi laju pertumbuhan penduduk, ruang publik, politik, kebutuhan pangan, energi dan ekonomi. Di negara ini minat generasi muda pada bidang pertanian, kehutanan dan perikanan masih cukup tinggi, yakni 38,70 persen, perdagangan 23,55 persen, dan industri pengolahan 17,92 persen.

“Tujuan pembangunan kita mewujudkan Indonesia tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, sehat sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

Di sisi lain, imbuh mantan anggota DPR RI ini, masih menyisakan masalah, Indonesia peringkat kedua dunia sebagai penyumbang sampah plastik ke laut. Total sampah plastik yang dihasilkan 64 ton per tahun, dan 3,2 juta ton per tahun dibuang ke laut. Sehingga, kata Ganjar, butuh skill untuk menghadapi industri 4,0. Di antaranya kritis, cerdas emosional, pintar negosiasi, menguasai problem solving dan fleksibel, lebih rajin baca buku, serta diskusi. (Humas Jateng)

 
2019-11-11 08:58:45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *