Infografis : Reformasi Birokrasi Jawa Tengah

Spread the love

Reformasi birokrasi yang digulirkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dinilai berhasil oleh pemerintah pusat. Pemprov Jateng menempati posisi teratas dalam daftar penilaian yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Laman resmi Kemenpan-RB menpan.go.id mempublikasikan hasil evaluasi ini. Dari 34 pemprov, Jateng menempati posisi teratas dengan nilai sangat baik. Jateng bersanding dengan Yogyakarta di daftar teratas penilaian ini. Sementara yang meraih B ada 11 pemprov, nilai CC ada 14 pemprov, dan nilai C sebanyak tujuh pemprov.

Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Didid Noordiatmoko mengatakan, penilaian dilakukan dengan mengukur delapan area perubahan. Yakni mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tatalaksana, SDM aparatur, peraturan perundang-undangan, dan pelayanan publik. Selain itu, evaluasi juga dilakukan terhadap indeks reformasi birokrasi dan tanggapan masyarakat melalui penilaian lapangan.

Seperti diketahui, semenjak dipimpin Ganjar Pranowo, Pemprov Jateng melaksanakan beberapa program. Diantaranya lelang jabatan, mewajibkan melaporkan LHKPN hingga pejabat eselon III dan IV, pembukaan berbagai kanal pengaduan publik, perbaikan pelayanan Samsat bebas pungli dan calo, dan pembenahan fungsi pengawasan aparatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *