Ikuti STQ Nasional di Maluku Utara, Kafilah Jateng Minta Dukungan Ganjar

Spread the love

SEMARANG – Perwakilan kafilah Jawa Tengah berpamitan secara langsung kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kediamannya, Selasa (12/10/2021). Selain minta doa restu, mereka juga menyampaikan harapan, agar Ganjar bersedia hadir menyemangati mereka pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional Maluku Utara nanti.

“Selain sowan dan minta doa restu, kami juga berharap Pak Ganjar bisa hadir langsung ke Sofifi untuk mendukung kami secara langsung,” kata salah satu kafilah Jateng.

Ia mengatakan, kedatangan Ganjar secara langsung ke Sofifi akan menjadi dukungan yang sangat berarti bagi mereka.

“Jadi kami harap Pak Gubernur bisa mendampingi kami secara langsung di sana. Ya seperti saat beliau mendampingi secara langsung kawan-kawan atlet di PON Papua. Tentu itu sangat berharga sekali untuk kami,” ucapnya.

Pada STQ Nasional yang digelar mulai 14-23 Oktober 2021 ini, Jateng mengirimkan sebanyak 20 kafilah terbaiknya.  Mereka akan bertanding di beberapa cabang, yakni seni baca Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an dan cabang musabaqah al-hadis.

“Target kami perbaikan peringkat. Sebelum-sebelumnya Jateng peringkat ke-11. Tahun ini kami berharap peringkatnya naik menjadi lebih baik lagi,” ujar Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in.

Guna mewujudkan harapan itu Musta’in mengaku telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari dengan memberikan pelatihan dan pembinaan peserta secara intens.

“Para kafilah ini kami seleksi dari yang terbaik di kabupaten/kota di Jateng. Kita sisir betul untuk persiapan itu. Mereka-mereka ini sudah berprestasi di masing-masing kabupaten/kota, bahkan di tingkat provinsi,” Musta’in.

Gubernur Ganjar Pranowo mengaku, sebenarnya ia sangat tertarik untuk datang mendukung langsung para kafilah Jateng yang bertanding. Terlebih, dirinya sudah dihubungi secara langsung oleh Gubernur Maluku Utara untuk datang ke sana. Ia juga mendapat kunjungan dari masyarakat dari Tobelo Halmahera yang juga memintanya datang ke Maluku Utara.

“Saya pingin sekali ikut, tapi tidak tahu apakah jadwalnya bisa. Memang pengalaman saya di PON Papua kemarin, saya melihat pertandingan sepak takraw. Saat saya belum datang, anak-anak kita itu tertinggal. Tapi saat saya datang, tidak tahu ada dampaknya atau tidak, ternyata spirit anak-anak itu meningkat dan akhirnya bisa menang,” kata Ganjar.

Pada para kafilah yang akan berangkat ke Maluku Utara Ganjar meminta mereka pertanding penuh percaya diri. Ganjar yakin mereka akan meraih hasil terbaik dengan persiapan yang sudah mereka lakukan.

“Mudah-mudahan jadwalnya bisa. Tapi yang paling penting saya doakan lancar semuanya. Jaga kesehatan, disiplin prokes dan jaga nama baik Jateng, nama baik keluarga dan institusi di sana. Hormati budaya masyarakat di sana. Kalau soal persiapannya, saya yakin panjenengan (Anda) sudah mempersiapkan dengan baik,” pungkas Ganjar. (Humas Jateng)

 


2021-10-13 01:24:40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *