Hujan Deras, Rakyat Antusias Saksikan Ganjar Sang Panembahan Senopati

Spread the love

Pati – Dalam rangka memperingati HUT ke-46 Korpri Pemerintah Kabupaten Pati menggelar pagelaran kethoprak Praja Budaya dengan lakon “Sumilaking Pedhut ing Bumi Mataram (Ronggo Romo)” di Alun-alun Pati, Jumat (24/11) malam.

Pagelaran kethoprak yang sudah diselenggarakan untuk kali ketiga itu tidak hanya dimainkan oleh jajaran SKPD dan Forkopimda Kabupaten Pati, namun juga pejabat dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bahkan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP dan Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP juga ikut bermain dalam kethoprak tersebut.

Gubernur Ganjar berperan sebagai Panembahan Senopati. Sementara Sekda Sri Puryono berperan sebagai Ki Juru Mertani. Animo masyarakat Pati dan sekitar untuk menyaksikan pagelaran tersebut sangat tinggi. Meski sempat diguyur hujan ratusan warga tetap antusias.

Bupati Pati Haryanto mengatakan pagelaran kethoprak itu selain untuk menguri-uri budaya memang ditujukan untuk memberikan hiburan gratis kepada masyarakat.

“Pagelaran kethoprak ini dimaksud tidak hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat sehari-hari, kami juga ingin menghibur warga masyarakat dan juga untuk menguri-uri budaya kethoprak yang sudah membudaya di Kabupaten Pati,” katanya.

Haryanto berharap peringatan HUT ke-46 Korpri dapat meningkatkan semangat kerja seluruh SKPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga apa yang menjadi keinginan mereka dapat segera diwujudkan.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono sangat mengapresiasi Pemkab Pati yang sering menggelar pagelaran kethoprak untuk memperingati even-even penting. Hal itu merupakan salah satu bentuk berkepribadian dalam kebudayaan yang dicita-citakan Bung Karno dalam Tri Saktinya.

Sri Puryono berharap dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah, budaya kethoprak di Pati dan di seluruh Jawa Tengah dapat terus dilestarikan dan dikembangkan. Sehingga menjadi tontonan menarik yang dapat mengundang antusiasme warga.

Pada peringatan HUT ke-46, Sekda juga berharap Korpri sebagai abdi masyarakat dan abdi negara tidak memberikan pelayanan seadanya. Mereka dituntut mengutamakan dan memrioritaskan masyarakat agar mendapat pelayanan yang maksimal.

 

Reporter : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

  
2017-11-25 04:09:41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *