Gubernur Ganjar “The Best Communicators 2018”

Spread the love

Semarang – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP meraih penghargaan sebagai The Best Communicators 2018 kategori Gubernur dari Public Relations Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada sosok pemimpin yang mendapatkan pemberitaan positif terbanyak pada media mainstream (cetak) dan online.

Penghargaan diberikan Founder & CEOPR Indonesia Asmono Wikan kepada Gubernur Ganjar yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri.

Dalam sambutannya pada penghargaan Awarding Night Jambore PR Indonesia (Jampiro) #4 2018 di Klenteng Sampookong, Jumat (9/11), Founder & CEO PR Indonesia Asmono Wikan mengatakan penentuan pemenang penghargaan berdasarkan pada seluruh pemberitaan Pemimpin Lembaga/Kementerian/Pemerintah Daerah/Korporasi sepanjang 1 Januari-30 September 2018 melalui media mainstream dan online. Dari pemberitaan tersebut, selanjutnya pemberitaan positif pimpinan daerah dianalisis secara kuantitatif melalui mesin Intelligence Media Management (IMM) yang berbasis Artificial Intelligence.

Berdasarkan analisis sistem, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP dinyatakan sebagai kepala daerah dengan pemberitaan positif paling banyak di Indonesia bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Ditambahkan, pada PR Best Communicators 2018 kategori Gubernur, pihaknya menyeleksi seluruh gubernur di 34 provinsi, berdasarkan pemberitaan di 17 media mainstream maupun online pada skala nasional dan lokal. Pemberitaannya harus banyak dan positif. Kepala daerah juga tidak tersangkut permasalahan hukum. Kemudian baru kita ranking dan kita pilih tiga gubernur terbaik,” terang Asmono.

Menurutnya,Gubernur Ganjar merupakan pemimpin yang komunikatif dan terbuka kepada media tentang seluruh program yang dilakukan Pemprov Jateng. Diakuinya, Ganjar mempunyai gaya berkomunikasi yang baik kepada masyarakat. Masyarakat bisa langsung mengadu lewat kanal-kanal aduan dan media sosial pribadi Gubernur.

“Gubernur mampu menampung segala aspirasi yang masuk langsung kepadanya atau melalui SKPD yang dipimpinnya dengan cepat. Sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik,” ungkapnya.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri menyampaikan, Gubernur Ganjar telah memberikan contoh yang baik sebagai The Best Communicator. Sehingga fungsi kehumasan di setiap SKPD harus mampu menyampaikan program pemerintah dengan bahasa yang mudah diterima oleh masyarakat.

“Gubernur Ganjar adalah media darling,
maka gaya kepemimpinan beliau harus kita tiru dan kita kembangkan di setiap SKPD di seluruh Jawa Tengah,” pungkasnya. (Fh/Ul, Diskominfo Jateng)
2018-11-10 05:34:52

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *