Ganjar Yasin Kuasai Polling Pascadebat

Spread the love

SEMARANG – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maemoen mengungguli penantangnya dalam polling di beberapa media. Polling tersebut digelar usai pelaksanaan debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Jateng sesi kedua di Solobaru, Sukoharjo, Kamis (3/5).

Debat calon gubernur dan wakil gubernur menjadi panggung bagi dua pasangan calon menarik simpati masyarakat Jawa Tengah. Namun, penguasaan data serta gaya bertutur yang ringan dan jelas dari pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin sepertinya lebih memikat netizen dibanding penantangnya, Sudirman Said – Ida Fauziah.

Keberlangsungan politik pada zaman now memang tidak bisa mengesampingkan riuhnya perbincangan di jagad maya. Jika ditilik di medsos, twitter khususnya, keunggulan pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin bisa ditengok pada beberapa hasil akhir polling.

Penyelenggara polling pun bukan sekadar media abu-abu, integritasnya terjamin oleh Dewan Pers. ElShinta dan Viva.co.id, misalnya. Kedua media tersebut sama-sama membuka polling selama tiga hari mulai Kamis (3/5) saat debat diselenggarakan sampai Sabtu (5/5).

Pada polling Elshinta, jumlah netizen yang berkontribusi sebanyak 17.756 akun. Pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin memeroleh suara 60 persen, jauh meninggal penantangnya yang hanya memperoleh suara 40 persen.

Sementara itu pada polling Viva.co.id yang melibatkan 22.367 warganet pasangan nomor urut 1 tersebut memperoleh 57 persen, unggul dari penantangnya yang hanya mendapat 43 persen.

Tanggapan warganet pada polling tersebut beragam. Dari kalimat dukungan hingga cercaan, dari memuji hingga mencaci. Tentu pendukung dua pasangan calon saling mengunggulkan jagoannya. Namun cuitan terkait penggunaan data dua pasangan calon cukup mendominasi pada kolom komentar.

Akun @renaanisa19 misalnya, dia memberi komentar sebuah meme dengan menyertakan dua foto Ganjar dan Sudirman. Pada foto Ganjar terdapat kutipan ungkapannya Ganjar Pranowo ketika debat. “Selama saya memimpin Pemprov Jateng, adakah anak buah saya yang dicokok KPK?”. Sementara pada foto Sudirman Said terdapat kalimat, “Di ESDM saya bolak-balik bersaksi untuk anak buah saya yang dicokok KPK,”

Namun ada pula komentar yang isinya membanggakan adem ayemnya pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 ini, terutama dari keteladanan calon. Akun @joko89koko melempar komenta “mari wujudkan pilkada jateng yang becik tur nyenengke, . Kedua paslon sepertinya saling mengidolakan satu sama lain, sbg pendukung harus jaga kondusivitas. #KamiGanjarYasin.”