Ganjar Usulkan ‘Polisi Pasar’ di Gajah

Spread the love

Demak – Buruknya kebersihan sungai di dekat Pasar Gajah, belum lama ini menjadi cercaan warganet. Persoalan itu menjadi perhatian Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP dan langsung membuktikannya ke lokasi, Rabu (18/10).

Saat turun dari mobil, orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung menuju pinggir jembatan. Dia melihat sampah yang menggunung di kedua bibir sungai. Berbagai jenis sampah masuk ke sungai. Antara lain bawang merah busuk, buah busuk, kardus, dan botol plastik.

Berdasarkan penuturan Kades Gajah Masrukhin, sampah itu dibuang oleh pedagang. Pihaknya sudah sering berkoordinasi dengan kepala pasar dan dinas pasar untuk menyosialisasikan pembuangan sampah pada tempatnya. Tempat pembuangan sementara sudah disediakan, tapi pedagang tetap saja tidak mau membuang di tempat yang sudah ditentukan.

“Sudah sering diingatkan tapi orang-orang sering nglimpe. Membuang di malam hari,” tuturnya.

Ganjar kemudian menyapa sejumlah pedagang pasar dan mengingatkan agar tidak lagi membuang sampah di sungai. Tapi, para pedagang justru saling tuding, jika yang membuang sampah bukan pedagang pasar sore, melainkan pasar pagi.

Untuk menyelesaikan persoalan kumuhnya sungai di dekat Pasar Gajah, dia berpendapat perilaku pedagang pasar harus diedukasi. Caranya dengan terus menyosialisasikan. Patroli di pasar pun diperlukan untuk mengingatkan pedagang maupun pengunjung pasar agar tidak membuang sampah di sungai.

“Seperti pencuri, ada potensi mencuri di malam hari, maka antisipasinya dengan ronda. Di sini dibuat ‘polisi’ pasar. Tiap hari patroli sambil sosialisasi. Nek meneng wae yo ora bisa,” pinta gubernur.

Semua orang yang mempunyai potensi membuang sampah sembarangan, lanjutnya, harus diajak bicara. Mereka diminta bersepakat, misalnya, jika ketahuan membuang sampah tidak pada tempatnya akan dikenai denda.

“Kalau nggak ya regulasi. Naiknya  begitu. Ajak bicara, yen ora bisa ya nggawe regulasi. Di regulasi kasih sanks,” tutupnya.

 

Penulis: Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 

 
2017-10-18 09:57:24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *