Ganjar Tertarik Permainan Xiangqi

Spread the love

Semarang – Olahraga xiangqi atau catur tradisional Tiongkok belum terlalu populer di Indonesia. Namun permainan yang mengasah otak ini diharapkan terus tumbuh di Jateng dan menjadi cabang olahraga yang berprestasi pada ajang tingkat nasional maupun internasional.

“Saya sudah melihat cara mainnya dan sudah menyaksikan hebatnya permainan xiangqi, ” ujar Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat membuka Kejurnas Xiangqi XV dan Rakernas Pexi XI di Hotel Gets, Jalan MT Haryono Kota Semarang, Selasa (14/11).

Di hadapan ratusan atlet dan official serta pengurus Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi) pusat dan daerah, dia berharap Kejurnas bertema “Bersatu dalam Keberagaman” yang berlangsung 14-19 November itu menjadi momen istimewa untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan olahraga xiangqi di Jawa Tengah. Terlebih jika tuan rumah menjadi juara umum kejuaraan tersebut. Sehingga akan mempermudah menarik bibit-bibit atlet muda untuk regenerasi.

“Saat beberapa hari lalu bertemu dan beraudiensi, saya penasaran betul dengan olahraga satu ini, apalagi namanya saya tidak paham. Tapi ternyata sangat menarik ketika kemudian beberapa atlet memraktikannya di depan saya,” bebernya.

Gubernur mengatakan, olahraga yang biasa disebut “catur gajah” itu baginya sangat menarik karena permainan yang mengasah otak tersebut, ternyata juga dimainkan para santri pondok pesantren. Bahkan mereka pernah menjadi peserta dalam sebuah pertandingan antarpelajar tingkat daerah. Sehingga, dia optimistis olahraga tersebut dapat memasyarakat.

Ketua Pengprov Pexi Jateng  Ir Bambang Wuragil Untung mengatakan, kejurnas yang diikuti para atlet xiangqi dari delapan provinsi itu, selain memperebutkan trofi PB Pexi untuk juara umum beregu juga mempertandingkan kategori perorangan senior putra, junior putra, dan kategori putri dengan sistem swiss tujuh babak.

“Kota Semarang sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rakernas PB Pexi tahun lalu. Ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Pexi Jateng,” katanya.

Selain gubernur, hadir pula dalam kegiatan tahunan itu antara lain Ketua Pengprov Pexi Jateng Ir Bambang Wuragil Untung, Ketua KONI Jateng Hartono, para atlet dan official Xiangqi, serta Forkopinda setempat. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Jateng.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2017-11-15 01:19:08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *