Ganjar Tawarkan Investasi Lebih ke Pengusaha Fujian

Spread the love

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menawarkan sejumlah peluang investasi kepada rombongan pengusaha Provinsi Fujian, Republik Rakyat Cina (RRC). Selain infrastruktur yang sudah dikerjasamakan sejak lama, sektor pariwisata di Jateng juga memiliki potensi besar untuk digarap.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menerima kunjungan dari Wakil Gubernur Fujian, Guo Ningning ke Provinsi Jateng, Kamis (25/4/2019). Tidak sendiri, Guo Ningning juga mengajak sejumlah pengusaha besar asal Fujian.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Ganjar dan Guo saling memuji satu sama lain. Tak lupa, kedua provinsi yang sudah menjalin kerja sama sister province sejak 2003 lalu itu juga menjajaki potensi daerah masing-masing.

Di hadapan Guo Ningning dan para pengusaha asal Fujian, Ganjar memamerkan sejumlah potensi investasi, khususnya pada dua sektor, yakni infrastruktur dan pariwisata.

“Jateng sekarang menjadi tempat yang menarik untuk para investor. Selain iklim investasi yang kondusif serta banyaknya kemudahan yang diberikan, infrastruktur untuk mendukung investasi juga sudah memenuhi,” kata Ganjar.

Selama ini, kerja sama antara Fujian dengan Jateng sudah berjalan baik. Adapun realisasi investasi yang sudah berjalan seperti tekstil, olahan makanan dan lain sebagainya.

“Ada beberapa potensi untuk investor, pertama infrastruktur meliputi teknologi pengolahan sampah dan LRT di Semarang, ada pula street lighting di Solo dan lainnya. Sementara di bidang tourism, kami memiliki banyak destinasi wisata unggulan seperti Borobudur, Telogo Wening, Pulau Panjang dan sebagainya,” papar mantan anggota DPR RI ini.

Gubernur juga menyebutkan beberapa kota yang menarik sebagai lokasi investasi. Seperti di Rembang, Karanganyar, Cilacap, Batang, Jepara, Purbalingga, Sukoharjo, Semarang dan Pekalongan.

“Kami akan senang sekali jika para pengusaha Fujian datang untuk berinvestasi di sejumlah sektor itu, khususnya yang sedang kami dorong adalah di bidang pariwisata. Saya berharap setelah pertemuan ini, akan ada tindak lanjut kerja sama investasi,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Fujian, Guo Ningning mengatakan, kerja sama antara Jateng dengan Fujian sudah terjalin cukup lama dan sangat baik. Untuk itu, pihaknya berharap kerja sama ini akan dapat diteruskan dan dikembangkan dalam banyak sektor.

“Dari paparan ini, kami mengetahui bahwa Provinsi Jateng saat ini semakin maju dan berkembang. Banyak sekali potensi investasi yang dapat ditindaklanjuti oleh para pengusaha Fujian. Soal iklim investasi dan kemudahan berusaha, Jateng sudah tidak diragukan lagi karena sudah banyak pengusaha asal Fujian yang sukses berinvestasi di Jawa Tengah,” kata dia.

Guo Ningning memastikan, pasca pertemuan tersebut pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendalami potensi-potensi investasi di Jateng. Harapannya ada kerja sama yang konkret atas potensi yang dipaparkan itu.

 

Penulis : Bw, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 
2019-04-25 13:22:34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *