Ganjar Susuri Semarang dengan “Seli”

Spread the love

Semarang – Sekitar dua ribu warga memadati Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (30/4) pagi. Ribuan peserta fun bike atau sepeda santai itu siap melintasi sejumlah ruas jalan protokol di Kota Semarang. 

Seusai Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengibarkan bendera start, para peserta langsung mengayuh sepeda masing-masing melintasi Simpang Lima dan beberapa ruas jalan protokol antara lain Jalan Pahlawan, Gajah Mada, dan Pandanaran.

Tidak ketinggalan pula Gubernur Ganjar beserta istri, Hj Atikoh Ganjar Pranowo. Orang nomor satu di Jateng itu menggenjot sepeda lipat atau biasa disebut “seli”, sembari menyapa dan berswafoto dengan peserta lain.

Sepeda santai yang diselenggarakan kolaborasi Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) dan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) tersebut, selain diikuti para penggemar olahraga sepeda dari berbagai komunitas sepeda, juga masyarakat umum yang ingin turut serta memeriahkan kegiatan bertajuk “Caring For Nation”.

Ketua Umum Kagama H Ganjar Pranowo SH MIP saat memberi sambutan sepeda santai di halaman Kantor Gubernuran mengatakan, Kagama dan IKA Undip sepakat memajukan bangsa dan kesejahteraan rakyat melalui program Caring For Nation. Salah satunya program agroindustri di pedesaan.

“Kagama dan IKA Undip sudah sepakat untuk membantu agroindustri dan UMKM di Jawa Tengah. Kita akan berikan contoh bagaimana bersama-sama membangun bangsa tanpa menandang ras, suku, maupun agama yang tidak hanya di Jawa Tengah tapi juga Indonesia,” ujar Ganjar.

Menurutnya, hampir seluruh alumnus Undip dan UGM tersebar di berbagai pelosok nusantara bahkan dunia. Melalui kegiatan ini, para alumnus dari berbagai daerah dengan beragam profesi mencoba mengabdi dan berbakti kepada negeri demi kemajuan bangsa, kesejahteran rakyat, dan keutuhan NKRI.

Selain Undip dan UGM, kata mantan anggota DPR RI ini, tidak sedikit pula alumnus dari sejumlah perguruan tinggi yang tergabung dalam Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, ikut terlibat dalam berbagai program pengabdian guna kemajuan bangsa. Seperti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Brawijaya, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Melalui program ini, kita mencoba untuk mengabdi dan berbakti kepada negeri, bersama-sama majukan Indonesia tanpa memandang perbedaan suku, ras, maupun agama, terutama di Jateng karena Jawa Tengah jadi Benteng Pancasila,” terangnya.

Ketua Umum IKA Undip Maryono dalam sambutannya menjelaskan, program agroindustri di pedesaan ini sebagai bentuk kepedulian para alumnus Undip dan UGM kepada masyarakat, khususnya rakyat menengah ke bawah. Sehingga bisa membangkitkan mengangkat kehidupan masyarakat yang ada di Jawa Tengah.

“Dengan melakukan kolaborasi-kolaborasi seperti ini, diharapkan kita menjadi bangsa yang maju dan masyarakat sejahtera,” terang Maryono yang juga Direktur Utama BTN itu.

Selain ketua umum Kagama dan IKA Undop, turut serta dalam kegiatan itu, Ketua Panitia Fun Bike Caring For Nation sekaligus Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Dr Ir Sri Puryono KS MP beserta istri Rini Sri Puryono, serta Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama MHum.

Caring For Nation ini adalah kegiatan besar Kagama dan IKA Undip dalam mengemban amanah untuk menjaga kebhinekaan dan mempertahankan NKRI,” kata Sri Puryono.

Kegiatan yang berlangsung 29-30 April itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain sepeda santai berhadiah utama tiga unit sepeda motor, festival band antar-SMA, lomba mewarnai untuk anak TK, pameran usaha mikro kecil dan menengah, festival kuliner, donor darah, serta penjualan sembako murah.

 

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 
2017-04-30 08:59:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *