Ganjar Siap Tampung Pengungsi Korban Bencana Palu

Spread the love

Semarang – Musibah gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah menyisakan duka mendalam. Selain merenggut ribuan korban jiwa, musibah itu juga membuat ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pihaknya siap menampung para pengungsi asal Jawa Tengah yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami Palu. Pihaknya telah menyiapkan semua, termasuk tempat-tempat yang dapat digunakan untuk menampung para pengungsi.

“Kalau memang ada orang Jawa Tengah yang kembali, pasti akan kami tampung. Ya akan kami openi karena itu rakyat kita. Akan kami bantu dengan kondisi kedaruratan yang ada,” kata Ganjar saat menghadiri acara Cinta Indonesia Expo ke-7 yang digelar oleh Kadin Jateng, di Atrium Ciputra Mall Semarang, Kamis (4/10).

Ditambahkan, sejumlah tempat disiapkan untuk menampung para pengungsi. Termasuk, akan memfungsikan Asrama Haji Donohudan Solo untuk menampung para pengungsi.

“Jika memang pengungsi cukup banyak, bisa kita tempatkan di Donohudan Solo. Kita pernah lakukan itu, namun saya kira tidak akan sebanyak itu. Nanti bisa kami carikan tempat di Kabupaten mana yang dekat dengan keluarganya, biar ayem. Intinya kami siap, kami banyak gedung yang dapat digunakan untuk menampung pengungsi,” tegasnya.

Selain siap menampung pengungsi, gubernur juga mengaku akan terus memberikan bantuan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu. Baik mengirimkan tenaga dan bantuan logistik, juga bantuan Rp1 miliar untuk korban bencana alam itu.

“Kemarin saat bencana di Lombok Pemprov Jateng bantu Rp1 miliar, dan untuk Palu kami juga akan kirim bantuan Rp1 miliar dari APBD. Ini harus saya omongkan karena ini uangnya rakyat,” imbuhnya.

Selain dari APBD, sejumlah bantuan lain lanjut Ganjar juga terus berdatangan. Yang saat ini sudah melaporkan adalah dari sejumlah BUMD di Jawa Tengah.

“Selain itu bantuan dari masyarakat juga terus berdatangan. Kemarin dari para Ulama juga siap membantu, kelompok masyarakat juga siap. Untuk bantuan relawan dan logistik tahap pertama, akan kami berangkatkan pada 6 Oktober besok dan insyaalah akan sampai pada 10 Oktober mendatang,” pungkasnya. (Prov Jateng)


2018-10-04 08:02:44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *