Cerita

Ganjar: Saya Menghormati Pemenang, tapi Sikap Politik Lebih Baik di Luar

Mantan calon presiden Ganjar Pranowo tetap menghormati hasil kemenangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Namun, dalam ranah politik, ia memilih untuk berada di luar pemerintahan.

Awalnya, Ganjar ditanya terkait kemungkinan akan masuk ke kabinet Prabowo-Gibran sebagai menteri. Dia menegaskan berkali-kali sudah menjawab itu. Kemudian terkait sikap politik, dirinya akan berada di luar pemerintahan.

“Kalau itu sudah saya jawab berkali-kali, biar bedakan antara sikap politik dengan penghormatan kepada pemenang. Saya menghormati pemenang tapi sikap politik saya, lebih baik kami di luar,” kata Ganjar saat ditemui, di rumahnya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, Kamis (25/04/2024).

Sementara itu, terkait sikap PDIP, Ganjar tak tahu pasti. Namun, bila melihat pernyataan-pernyataan yang keluar dari Megawati Soekarnoputri, PDIP dimungkinkan bakal menjadi oposisi.

“Belum memutuskan, tetapi kalau saya lihat statement nya Bu Mega, saya rasanya iya, diluar pemerintahan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pemerintahan harus ada pihak yang berada di luar. Dia mengatakan harus ada kontrol dari partai di luar pemerintahan agar ada keseimbangan dalam pengelolaan negara.

“Check and balance itu yang penting, untuk kemudian agar tidak semuanya anut grubyuk, hanya ikut-ikut tetapi juga ada yang bisa melakukan kontrol dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, disinggung soal rencana kedepannya, Ganjar mengatakan tetap akan menjalani aktivitas di partai. Menurutnya, sebagai kader partai, dia memiliki kewajiban untuk menjalankan perintah diamankan akan ditugaskan.

“Saya kader partai, jadi saya masih akan beraktivitas di partai ya. Dan banyak hal yang kemarin dipesankan oleh Bu Mega terkait dengan kondisi-kondisi sosial, ekonomi, maka kita pasti akan konsentrasi pada soal-soal itu,” pungkasnya.

Ia menyebut bahwa hal itu tentu saja karena dirinya bagian dari partai pasti bagaimana ke depan bertindak konkrit di masyarakat dan bagaimana di dalam pemerintahan itu nanti ada check and balance system.

Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =